Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kado Manis Untuk Guardiola, Barca Hancurkan Rayo Vallecano 7-0
Oleh : Redaksi/Mg
Senin | 30-04-2012 | 11:38 WIB
Rayo-Vallecano-vs-barcelona-0-7-640x426.jpg Honda-Batam

Messi, tidak melakukan selebrasi yang berlebiha. Dalam pertandingan ini, meski menang telak 7-0, pemain Barca seolah tidak bisa menutup kesedihan bakal ditinggal Josep Guardiola. Foto:FCBarcelona.com

MADRID, batamtoday - Kado manis seperti yang dijanjikan Messi dkk untuk membalas jasa besar Josep 'Pep' Guardiola bagi Barcelona terbayar tuntas. Menjelang akhir kompetisi, seluruh punggawa Blaugrana berjanji mempersembahkan kemenangan sebagai ucapan terima kasih kepada Pep yang memilih pensiun dari dunia sepakbola. 

 

Janji tersebut benar, dalam lawatan ke Kota Madrid, dini hari tadi, Senin(30/4/2012) Barcelona berhasil pecundangi Rayo Vallecano dengan skor luar biasa telak, 7-0. Masing-masing penyerang Barcelona seolah berbagi gol, meski tiap kali berhasil mencetak gol, tidak ada selebrasi menarik mengingat mereka masih dirundung kesedihan pasca kepastian rencana ditinggal sang pelatih, Pep Guardiola. 

Tak butuh waktu lama untuk menghancurkan Rayo. Menit 15, La Pulga, Lionel Messi menjadi teror pertama bagi David Cobeno. Alexis Sanchez mengirimkan umpan yang membelah para bek Rayo. Pedro Rodriguez yang tanpa kawalan, menyodorkan bola kepada Messi yang tinggal mencocornya masuk sekaligus mengukir gol ke-64 di seluruh kompetisi musim ini.

Menit 25, Alexis Sanchez yang menerima umpan terobosan, menambah jarak. Lepas dari kawalan para pemain belakang dan lolos pula dari Cobeno, Sanchez melepaskan tembakan silang yang justru didorong masuk oleh Rober. 2-0 untuk Barcelona

Jangan terlalu lama membiarkan Messi berakselerasi. Para pemain Rayo Vallecano melupakan kata kunci ini sehingga pada menit 38 mereka kembali terbobol. Lionel Messi melewati dua pemain Rayo sebelum menyodorkan bola yang tinggal dieksekusi oleh Seydou Keita untuk mencetak gol ketiga Barcelona hanya di babak pertama saja. 3-0 Barca unggul.

Unggul besar di 45 menit awal tidak mengurangi ketekunan Barcelona. Mereka seolah ingin membalas dendam pada siapa pun dalam lima pertandingan terakhir musim ini. 

Diberikannya umpan melebar kepada Alexis Sanchez. Penyerang Chile mengirimkan umpan ke kotak penalti, Messi melepaskan tembakan yang membentur gawang. Bola pantul disambar Pedro Rodriguez untuk membawa Barca unggul 4-0.

Ibrahim Afellay yang lama menghilang karena cedera, mendapatkan kesempatan bermain sejak menit 73 menggantikan seorang Sergio Busquets. Afellay sendiri menjadi salah satu saksi lapangan kombinasi maut Lionel Messi dan Pedro Rodriguez sepanjang pertandingan.

Malam di Campo de Vallecas, marka Rayo Vallecano semakin gulita di sejak menit 77. Tiga gol bersarang dalam interval 13 menit. Thiago Alcantara, Pedro Rodriguez, dan Lionel Messi bergantian mengubah Campo de Vallecas menjadi neraka bagi tuan rumah. Skor akhir 7-0 dan Barcelona masih terus menjaga asa juara. 

Hasil inilah yang dijanjikan sejumlah pemain Barca saat menanggapi kepergian Guardiola. "Kami akan mempersembahkan kemenangan untuk Pep, dia memberi banyak pengalaman berharga, kemenangan dan kejayaan yang luar biasa bagi kami," kata Chech Fabregas sebelum pertandingan dilansungkan.