PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Farewell Angelina Hibur Warga Lapas Perempuan dan Anak di Batam
Oleh : Hendra
Sabtu | 15-02-2020 | 17:17 WIB
musik-amerika.jpg honda-batam
Foto bersama Farewell Angelina; Konsulat AS dan Kalapas Anak berserta warga binaan Lapas Anak dan Perempuan Batam. (Foto: Hendra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Farewell Angelina, group musik perempuan asal Amerika, datang dan menghibur warga binaan Lembaga Pemasyarakatan Perempuan (LPP) dan Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Baloi di Kota Batam.

Kehadiran Farewell Angelina di LPP/LPKA Baloi melalui program American Music Abroad (AMA) dari Konsulat Amerika Serikat untuk Sumatera.

Diketahui, musisi folk perempuan ini sendiri mengambil nama band mereka dari salah satu lagu gubahan Bob Dylan di tahun 1960'an yang kemudian, lagu tersebut semakin dikenal ketika direkam dan dinyanyikan sendiri oleh Joan Baez, musisi folk solo perempuan di era yang sama dengan Dylan.

Salah satu majalah musik terkenal, Rolling Stone menyebut Farewell Angelina sebagai band dengan penulisan lagu yang sangat tangkas, yang dilengkapi dengan kepribadian menarik, permainan musik yang lincah, dan mampu membuat suasana panggung menjadi lebih menarik.

Mereka terdiri dari empat orang teman lama yakni: Nicole Witt, Andrea Young, Lisa Torres, dan Ashley Gearing yang berjumpa di Nashville, Tennessee dan sepakat untuk menggabungkan diri ke dalam sebuah band folk di mana pada Sabtu (15/2/2020) pagi ini menghibur wargan binaan LPP/LPKA Baloi, Batam.

Guy Margalith, Konsulat AS untuk Sumatera mengatakan, dipilihnya mereka dalam program American Music Abroad merupakan program utama kedutaan untuk memperkenalkan kebudayaan AS di Indonesia, salah satunya melalui musik.

"Karena kita ingin memperkenalkan kebudayaan Amerika di Indonesia, seperti di Batam, salah satunya melalui musik. Karena musik sifatnya adalah universal, di terima oleh semua orang dan setiap kalangan," terangnya.

Sementara itu Novriadi, Kepala Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Baloi, Batam, mengatakan, ini merupakan pertama kalinya acara musik diadakan di lokasi mereka, dan pertama kalinya juga bagi Konsulat AS mengadakan kegiatan di Lembaga Pemasyarakat, tentunya ini terselenggara berkat Konsulat Amerika Serikat untuk Sumatera.

"Kita sepakat adakan ini karena tentu berharap membawa hal positif bagi warga binaaan, baik itu anak-anak dan perempuan, dan juga ini dapat menjadi bagian dari kegiatan rekreasi yang ada di Lapas. Kegiatan seperti ini membawa efek positif, dengan harapan saat mereka kembali ke tengah masyarakat nantinya, alan membawa harapan yang baru," jelas Novriadi.

Apa yang disampaikan Novriadi dapat dilihat secara langsung dengan riuhnya suasana kala Farewell Angelina menyanyikan lagu-lagu mereka di atas panggung. Pantauan BATAMTODAY.COM, saat itu keriuhan semakin terakit tatkala band tersebut menyanyikan salah satu lagu berbasa Indonesia, dan warga binaaan dengan mayoritas perempuan itu pun turut ikut bergoyang mengiringi lagu-lagu yang mereka nyanyikan.

Editor: Gokli