Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Antisipasi Penyebaran Virus Corona

Inisiatif Pemerintah China, Penerbangan China-Batam Dihentikan Sementara Waktu
Oleh : Nando Sirait
Senin | 27-01-2020 | 18:16 WIB
rudi-virus-corona-02.jpg Honda-Batam
Wali Kota/Kepala BP Batam, Muhammad Rudi saat meninjau kesiapan petugas medis dan Termal Scanner di Pelabuhan Batam Center sebagai antisipasi masuknya virus corona, Senin (27/1/2020). (Foto: Nando Sirait)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, Muhammad Rudi menuturkan bahwa direct flight dari China menuju Batam akan dihentikan sementara dikarenakan adanya pencegahan penyebaran virus corona.

Rudi menegaskan, adanya permintaan penghentian penerbangan ini, bukanlah instruksi langsung dari Pemerintah Pusat melainkan kebijakan yang diambil Pemerintah China dan telah disebarkan melalui travel agent asal China.

"Barusan saya mendapat laporan dari pihak Bandara, pihak travel agent China akan menghentikan sementara warganya yang akan berlibur ke Indonesia. Tetapi bukan atas permintaan kita, melainkan kebijakan dari pemerintah mereka," paparnya saat melakukan pengecekan ruang isolasi yang berada di Asrama Haji, Batam Center, Senin (27/01/2020).

Bersamaan dengan hal itu, Rudi menuturkan, pihak travel agent dari negeri Tirai Bambu tersebut juga mengirimkan permintaan agar warga China yang tengah berlibur di Kota Batam, untuk dapat kembali ke negara asal mereka.

Untuk itu, Rudi menuturkan, pihaknya saat ini akan tengah melakukan persiapan untuk pengembalian Wisatawan asal China. "Ada permintaan agar warganya kembali, kita akan mulai lakukan mulai besok," ungkapnya.

Meski demikian, Rudi mengapresiasi atas langkah antisipasi yang dilakukan Pemerintah China guna mencari jalan keluar penyebaran virus yang saat ini menghebohkan. Adapun koordinasi yang berlangsung dengan sejumlah travel agent China, pihaknya berjanji akan membuka kembali penerbangan menuju Batam apabila Pemerintah China telah memastikan dapat mengendalikan penyebaran virus tersebut.

"Artinya, kalau dia mengantisipasi hari ini jadi dia akan mengantisipasi ke depan. Kalau sudah selesai wabah virus Corona pasti mereka akan membuka kembali. Mereka berarti memperhatikan warga negaranya," ungkapnya.

Sementara itu, Rudi juga meminta agar masyarakat Kota Batam tetap mengantisipasi adanya penyebaran virus corona di lingkungan masing-masing. Selain menjaga pola hidup sehat, dan menjaga lingkungan tempat tinggal untuk tetap bersih.

Ia juga menuturkan agar warga dapat melaporkan ke petugas medis terdekat, apabila menemukan warga atau melihat gejala virus corona di lingkungan masing-masing. "Apabila ada gejala kita minta masyarakat agar segera mengirimkan informasi kepada kita. Kirim lokasinya di mana, fotokan kirim ke saya kita akan segera turunkan tim ke lokasi untuk menangani kalau perlu kita bawa ke Rumah Sakit. Saya siaga 24 jam," pungkasnya.

Editor: Gokli