PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tak Didukung Amin Rais

Maju Caketum PAN, Asman Abnur Ingin Tunjukkan Kader Berpotensi Bisa Berkompetisi
Oleh : Redaksi
Jum\'at | 17-01-2020 | 19:40 WIB
Asman-Caketum-PAN.jpg honda-batam
Asman Abnur.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Asman Abnur menyatakan tetap akan maju menjadi calon Ketum PAN periode 2020-2025.

Jadi calon Ketum PAN, Asman tak didukung Ketua Dewan Kehormatan PAN, Amin Rais. Namun, langkah itu dia lakukan untuk mencoba tidak mengikuti tradisi PAN (sosok yang mendapatkan dukungan Amien selalu terpilih menjadi Ketum PAN).

"Satu-satunya jalan kita harus memberikan peluang kepada seluruh kader yang berpotensi untuk berkompetisi. Jadi ini akan jadi tradisi ke depan dan saya yakin kalau ini jadi budaya nanti yang akan menjadi ketum partai itu bisa juga dari orang-orang yang bukan dianggap misalnya tidak dapat dukungan (Amien) ini," kata Asman saat memberikan keterangan pers di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Jumat (17/1/2020), seperti dilansir CNNIndonesia.com.

Asman tidak menampik pengaruh sejumlah tokoh di PAN seperti Amien Rais, dalam setiap pemilihan ketum PAN. Namun, Asman menegaskan bahwa pihak yang paling menentukan dalam pemilihan ketum PAN adalah pemilik suara.

"Di balik itu yang menentukan terpilih atau tidaknya adalah pemilih yaitu 514 ketua DPD, 34 pengurus wilayah, ditambah sekretarisnya dan ditambah organisasi otonom, termasuk DPP. Itulah stakeholder yang menentukan siapa estafet kepemimpinan ke depan," kata Asman.

Terkait arah politik PAN ke depan, Asman belum bisa menentukan apakah akan mendukung pemerintahan Joko Widodo-Ma'ruf Amin atau tidak. Dia menuturkan bahwa arah politik PAN akan ditentukan lebih lanjut bila dirinya sudah resmi terpilih sebagai nahkoda PAN yang baru.

"Kalau Pilpres sudah selesai apapun namanya pemerintah harus punya hubungan baik dengan partai. Tetapi sikap partai ke depan ditentukan oleh partai sendiri bukan ketua umumnya," kayanya.

Lebih dari itu, Asman mengakui bahwa dirinya memiliki hubungan yang baik dengan Jokowi. Asman tercatat pernah menjadi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi selama dua tahun, era pertama pemerintahan Jokowi.

Ia menyatakan tidak meninggalkan jejak negatif saat dipercaya Jokowi untuk menduduki kursi Menpan RB sejak 2016 hingga 2018.

Asman berharap nilai-nilai positif yang dibangun selama menjabat Menpan RB dapat menjadi modal untuk membangun komunikasi dengan Jokowi demi kepentingan bangsa dan PAN di hari mendatang. "Banyak program saya yang banyak apresiasi, ini menurut cerita orang. Tentu mudah-mudahan saya bisa jadikan modal komunikasi lebih lanjut untuk kepentingan bangsa, untuk kepentingan PAN ke depan," tutur Asman.

Peran Amien tercatat selalu berpengaruh dalam pemilihan ketum PAN. Setelah menanggalkan jabatan ketum PAN pada 2005, sosok-sosok yang mendapatkan dukungan Amien selalu menang mulai dari Soetrisno Bachir pada 2005, Hatta Rajasa pada 2010, hingga Zulkifli Hasan pada 2015.

Dalam pemilihan Ketua PAN periode ini Amien disebut telah mendukung calon ketua umum Mulfachri Harahap. Amien menaruh putranya, Hanafi Rais, sebagai calon sekretaris jenderal PAN periode mendatang untuk mendampingi Mulfachri.

Editor: Gokli