Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

KPU Tanjungpinang Mulai Sosialisasikan Pilwako 2012 Tanjungpinang
Oleh : Charles/Dodo
Senin | 23-04-2012 | 17:46 WIB

TANJUNGPINANG, batamtoday - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tanjungpinang, secara resmi mulai melaksanakan sosialisasi peraturan dan perundang-undangan Pemilihan Wali Kota Tanjungpinang (Pilwako) pada sejumlah unsur masyarakat, organisasi kepemudaan, partai politik dan LSM, berlangsung di Hotel Bintan Plaza, Senin (23/4/2012).  

 

Acara sosialisasi pelaksanaan Pilwako Tanjungpinang, yang dijadwalkan dilaksanakan pada 31 Oktober 2012 mendatang ini, secara resmi dibuka oleh Wali Kota Tanjungpinang, Suryatati A Manan.   

Sekretaris KPU Kota Tanjungpinang Irwan, mengatakan tujuan dilaksanakannya kegiatan sosialisasi adalah untuk menanamkan serta meningkatkan pengetahuan masyarakat akan mekanisme pemilu kepala daerah, sehingga pada pelaksanaannya pilwako nantinya, diharapkan tidak ada lagi warga masyarakat yang tidak menggunakan hak suaranya. 

"Peran serta masyarakat sangatlah penting,dalam proses pemungutan suara dalam Pilwako ini, dan kita juga berharap adanya peningkatan partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan Pilwako mendatang," ujarnya. 

Suryatati, dalam sambutannya mengatakan ada kecenderungan penurunan partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan pemilu kepala daerah. Hal ini menurut dia disebabkan masyarakat kurang paham dan mengerti akan mekanisme pelaksanaan pemilu itu sendiri, hingga banyak yang tidak menggunakan hak suaranya dengan baik dan benar.  

"Partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan pemilu, merupakan tolok ukur keberhasilan demokrasi di daerah, dan dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan dapat memberikan pengetahuan kepada masyarakat," ujarnya. 

Selain memahami mekanisme pelaksanaan pemilu, masyarakat juga diharapkan, dapat bertindak sesuai dengan yang diharapkan serta berkontribusi dalam menggunakan hak suaranya yang dibarengi dengan memastikan nama masing-masing tercantum dalam DPT agar tidak kehilangan hak suara.