Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Disnaker Segera Buka Pelatihan untuk 559 Pencaker
Oleh : Irwan Hirzal
Senin | 13-01-2020 | 10:04 WIB
kadisnaker1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Kepala Disnas Tenaga Kerja Kota Batam, Rudi Sakyakirti. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Para pencari kerja (Pencaker) bisa mengikuti pelatihan yang diadakan oleh Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Batam. Pendaftaran dibuka pada 25 Januari mendatang.

Dengan pelatihan ini diharapkan bisa meningkatkan daya saing pencaker dalam mendapatkan pekerjaan.

"Ada kuota untuk 559 pencari kerja tahun ini. Nanti pelamar bisa memilih jenis pelatihan berdasarkan minat dan jenis pekerjaan yang ingin mereka lamar," kata Kepala Disnaker Batam, Rudi Sakyakirti.

Jenis pelatihan yang disiapkan bagi pencaker, menurut Rudi, adalah pendidikan dasar. Sertifikat yang diberikan setelah melalui proses pelatihan ini dapat digunakan saat melamar pekerjaan nantinya.

Beberapa jenis pelatihan yang akan digelar yakni keselamatan kerja K3 Madya, pelatihan dasar K3 Muda, pelatihan teknik komputer, house keeping, scaffolding, AutoCAD Muda, tata rias salon kecantikan, HRD pariwisata, akuntansi MYOB, dan bengkel motor roda dua.

Kemudian pelatihan tanaman sayur hidroponik, menjahit pola tingkat dasar, menjahit garmen, food and beverage waiter, sekuriti pratama, operator komputer, web deployment, dan welder 3G/4G.

"Tahun ini pelatihan bagi pencaker juga kita berikan kuota untuk persiapan tahap I magang ke Jepang. Lebih kurang 150 orang kita siapkan," ujarnya.

Pelatihan pencaker ini diperuntukkan bagi mereka yang berdomisili di Batam.

"Memang peruntukannya bagi pencaker lokal. Ini bentuk perhatian pemerintah terhadap angka pencari kerja yang setiap tahun meningkat," ujarnya.

Editor: Yudha