Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Respon Cepat Kapolda Kepri, dari Patroli Bersepeda Hingga Pembentukan Unit Reaksi Cepat
Oleh : Hadli
Senin | 06-01-2020 | 08:40 WIB
sepeda_kapolda11.jpg Honda-Batam
Kapolda Kepri Irjen Andap Budi Revianto melaksanakan patroli menggunakan sepeda saat hujan bersama jajarannyaa. (Foto: Romi)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kapolda Kepri Irjen Pol Andap Budhi Revianto merespon keluhan masyarakat melalui patroli bersepeda, yang rutin dilaksanakan dari kampung ke kampung bersama Wakapolda Kepri, PJU Polda Kepri dan jajarannya.

Respon cepat Kapolda Andap juga diwujudkan dengan membentuk tim Unit Reaksi Cepat (URC) yang langsung dipimpin Direktur Reserse Kriminal Umum (Direskrimum) Polda Kepri Kombes Pol Arie Darmanto.

"Tim akan bergerak saat menerima informasi adanya tindak kriminal. Tujuannya memberikan layanan yang optimal sebagai bentuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat," kata Kombes Pol Arie di ruang kerjanya, Jumat (3/1/2019).

Arie menambahkan, informasi adanya perbuatan melanggar hukum yang dilakukan sekelompok orang meresahkan di tengah masyarakat atau kriminal lainnya, ditindak URC bila menerima laporan langsung dari masyarakat maupun melalui patroli yang dilakukan.

"Tim URC belum dikasi nama, tapi sudah beroperasi mengindetifikasi berbagai ancaman kriminal di tengah masyarakat. Saya pastikan tim bukan kaleng-kaleng," jelas Arie.

Selain tim lapangan yang berjumlah delapan orang, tim lainnya akan terus memantau media sosial yang menginformasikan berbagai kejadian.

"Semua akan kami respon. Masyarakat tinggal menginformasikan ke kami, tim akan bergerak cepat," tuturnya.

Tim yang bergerak melakukan pemeriksaan badan dan kendaraannya pada sejumlah pemuda yang kumpul-kumpul di pinggir jalan atau pertokoan. Selain memberantas premanisme, tujuan tim dibentuk untuk mencegah terjadinya balapan liar dan tauran.

Editor: Yudha