Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Masyarakat Merasa Janggal, Puskesmas Teluksasah Justru Dibangun di Kelurahan Teluklobam
Oleh : Harjo
Jum\'at | 20-12-2019 | 18:40 WIB
puskesmas1.jpg Honda-Batam
Pembangunan Puskesmas Teluksasah berada di Kelurahan Teluklobam Bintan. (Harjo)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Masyarakat Teluksasah Kecamatan Serikuala Loba menilai adanya kejanggalan dengan nama Puskemas yang saat ini tengah dibangun di daerah Teluklobam. Pasalnya, Puskesmas tersebut justru menggunakan nama Teluksasah tapi tidak berada di wilayahnya.

Hal ini juga menjadi pebincangan di tengah masyarakat. Apalagi, di Teluksasah juga sudah ada Puskesmas yang beroperasi sejak lama. Meskipun wilayah Keluarahan Teluksasah dan Kelurahan Teluklobam tidak berjauhan, namun pemberian nama tersebut masih dinilai janggal.

Menurut warga, dari segi administratib jelas antara dua kelurahan tersebut, apalagi yang masyarakat ketahui jelas Puskesmas Teluksasah, adanya di Desa Teluksasah. Sampai saat ini, Puskesmas Teluksasah yang berada di Kampung Harapan, masih tetap beroperasi.

"Rasanya ada yang janggal saja, kenapa namanya Puskesmas Teluksasah, justru pembangunannya berada di Kelurahan Teluklobam?," uajar M Dragon, Tokoh Pemuda Serikuala Lobam, kepada BATAMTODAY.COM, di Serikuala Lobam, Jumat (20/12/2019).

Diutarakan Dragon, dari segi penganggaran hal tersebut mungkin tidak ada masalah, tapi kalau dari segi alamat dan tempat jadi janggal. Walaupun, dibangunnya Puskesmas baru tersebut jelas untuk peningkatan pelayanan kesehatan dari Puskesmas yang memang sudah ada dan beroperasi sejak beberapa tahun silam.

"Kenapa tidak dibuat saja namanya Puskesmas Teluklobam atau Puskesmas Serikuala Lobam. Kesannya, warga Teluksasah menghibahkan Puskesmas untuk Kelurahan Teluklobam. Karena kalau bicara lahan jelas di Teluksasah masih banyak lahan yang kosong," katanya.

Terkait hal ini, tambah Dragon, pembangunan Puskesmas dengan nama Teluksasah namun berada di Kelurahan Teluklobam juga terkesan dipaksakan. Terutama keberadaan tepat atau lokasi yang dibangun masih di areal Taman Kota Serikuala Lobam dan Sekolah Dasar (SD).

Editor: Chandra