PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jaga Kondusifitas, FPBI Batam Tak Lakukan Aksi Saat Perayaan Nataru Berlangsung
Oleh : Putra Gema
Kamis | 12-12-2019 | 18:16 WIB
masmur-fpbi-btm.jpg honda-batam
Ketua FPBI Kota Batam, Masmur Siahaan. (Foto: Putra Gema)

BATAMTODAY.COM, Batam - Ketua Federasi Perjuangan Buruh Indonesia (FPBI) Kota Batam, Masmur Siahaan pastikan tidak lakukan aksi terkait UMSK saat perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

"Kita ingin Batam aman dan kondusif saat perayaan Nataru," ujar Masmur, Kamis (12/12/2019) di kawasan Batam Center.

Masmur mengatakan tidak dilakukannya aksi pada akhir tahun ini untuk menghargai rekan-rekan buruh yang merayakan Nataru (Natal dan Tahun Baru). "Kami dari FPBI menyampaikan kepada teman-teman buruh agar menghormati dan mentoleransi antar umat beragama agar teman buruh yang menjalankan hari besar keagamaannya dapat berjalan dengan hikmat," kata Masmur.

Ia menjelaskan, terkait UMSK Batam tahun 2020, pihaknya sampai dengan saat ini masih terus melakukan mediasi dan diskusi bersama Pemko Batam dan asosiasi pengusaha. Namun dalam beberapa kali pertemuan, pihak pengusaha belum pernah hadir dalam mediasi dan diskusi UMSK Batam 2020.

"Kami minta kepada pengusaha agar bersinergi kepada buruh agar terciptanya situasi aman dan kondusif," ujarnya.

Ia meminta, Pemko Batam dapat mendatangkan pihak pengusaha agar permasalahan UMSK Batam 2020 secepatnya dapat terselesaikan.

Selain itu, pihaknya juga meminta agar pemerintah segera melakukan revisi Peraturan Menteri Tenaga Kerja (Permenaker) nomor 15 tahun 2018 tentang upah minimum sektoral. "Permintaan revisi turunan PP 78 ini dikarenakan adanya kekosongan hukum didalam Permenaker nomor 15 tahun 2018. Di situ tidak dijelaskan apa langkah yang di ambil apabila asosiasi pengusaha tidak bersedia dalam merundingkan UMSK," ujarnya.

Dijelaskannya, terkait permasalahan UMSK 2020 ini juga sudah dibahas dalam diskusi internal FPBI Kota Batam. Nantinya isu UMSK akan kembali digaungkan pada momen besar buruh yang jatuh pada 1 Mei 2020 mendatang.

"Saya mewakili FPBI juga mengucapkan selamat kepada para buruh yang menjalani perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020," tegasnya.

Editor: Gokli