PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Asisten II Tutup Diklat Keterampilan Bahasa Inggris Bagi Calon Tour Guide di Natuna
Oleh : Kalit
Sabtu | 07-12-2019 | 17:28 WIB
guide-1.jpg honda-batam
Asisten II Setda Natuna, H Tasrif saat penutupan diklat keterampilan Bahasa Inggris bagi calon tour guide. (Foto: Humas)

BATAMTODAY.COM, Natuna - Asisten Ekonomi dan Pemerintahan Setda Natuna, H Tasrif menutup secara resmi acara Pendidikan dan Pelatihan Keterampilan Pencari Kerja 'Bahasa Inggris' Pemandu Wisata (Tour Guide) Tahun Anggaran 2019 di Ruang Aula Balai Latihan Kerja Disnaker, Ranai pada Senin (2/12/2019) pagi.

Hadir dalam acara tersebut Pimpinan OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Natuna, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Natuna, Ketua DPK APINDO, pimpinan Travel se-Kabupaten Natuna, pelaku usaha sektor pariwisata, pengusaha perhotelan dan tour & travel.

Dalam sambutannya, H Tasrif menyampaikan, pendidikan dan pelatihan yang diselenggarakan, difokuskan pada penguasaan Bahasa Inggris, yang nantinya diperuntukan bagi mempersiapkan SDM yang memiliki minat untuk berperan sebagai pemandu wisata bagi wisatawan asing yang akan berkunjung di Kabupaten Natuna.

"Penguasaan Bahasa Inggris saat ini sangat penting, mengingat Bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa universal yang dapat dipahami wisatawan hampir dari seluruh negara," ucapnya.

Oleh karena itu, melalui pelatihan ini, diharapkan ke depannya peserta kegiatan dapat menjadi pemandu wisata yang handal, serta mampu memberikan informasi terkait potensi wisata daerah, sekaligus menunjukkan keramah tamahan masyarakat setempat, sebagai jati diri masyarakat Kabupaten Natuna yang ramah bersahaja dan senantiasa menjaga nilai-nilai luhur warisan budaya.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, H Hussyaini dalam laporannya juga menambahkan, kegiatan ini bertujuan untuk membekali, meningkatkan kemampuan pencari kerja untuk mahir berbahasa inggris guna sebagai pemandu wisata untuk pelayanan dalam mendukung/melayani wisatawan yang akan berkunjung ke Natuna, sebagai bentuk dukungan terhadap program Pemerintah Daerah bagi mendukung perkembangan sektor pariwisata.

Adapun peserta Pendidikan dan Pelatihan Keterampilan Pencari Kerja 'Bahasa Inggris' Pemandu Wisata (Tour Guide) berjumlah 16 orang yang berasal dari Kecamatan Bunguran Timur, Kecamatan Bunguran Barat, Kecamatan Bunguran Utara, Kecamatan Bunguran Tengah, dan Kecamatan Pulau Tiga. (*)