PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pemda Natuna Serahkan Hibah Kapal Rakyat dari Kemenhub untuk Kecamatan Subi
Oleh : Kalit
Sabtu | 07-12-2019 | 17:04 WIB
hibah-1.jpg honda-batam
Bupati Natuna, Drs H Abdul Hamid Rizal saat menekan surat penyerahan hibah kapal rakyat dari Kemenhub ke sejumlah kecamatan di luar Pulau Bungaran Besar. (Foto: Humas)

BATAMTODAY.COM, Natuna - Pemerintah Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), mengucapkan apresiasi dan terima kasih kepada Pemerintah Pusat, khususnya Kementerian Perhubungan (Kemenhub), yang telah menghibahkan Kapal Rakyat (Pelra) untuk sejumlah kecamatan yang ada di Natuna.

Hal itu disampaikan Bupati Natuna, diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Wan Siswandi, saat menyerahkan hibah kapal bernama lambung KM Banawa Nusantara 52 secara simbolis kepada Kecamatan Subi, yang berlangsung di Pelabuhan Tanjung Payung, Penagi, Kelurahan Badarsyah, Kecamatan Bunguran Timur, pada Sabtu (30/11/2019) siang.

Wan Siswandi menyebutkan, Kapal Rakyat ini diharapkan dapat mendukung lancarnya konektivitas antar pulau yang ada di Kabupaten Natuna. Sebab, daerah berada di laut Natuna Utara itu, terdapat 15 kecamatan dan 7 di antaranya berada terpisah dari Pulau Bunguran Besar, yang menjadi pusat pemerintahan bagi daerah tersebut.

Wan Siswandi juga berharap pemerintah dan masyarakat Kecamatan Subi dapat mengelola dan merawat kapal berbobot 30 GT, yang mampu mengangkut barang seberat 10 ton dan kapasitas penumpang sebanyak 24 orang tersebut. Agar kapal yang terbuat dari kayu itu dapat memberikan manfaat yang lama bagi masyarakat di kepulauan.

Lebih lanjut, Wan Siswandi menjelaskan, Subi merupakan salah satu pulau di sebelah Selatan Kabupaten Natuna, yang belum dilayani kapal khusus penumpang dari PT Pelayaran Indonesia (Pelni), seperti KM Bukit Raya. Untuk itu adanya kapal rakyat ini dirasa sangat membantu Pemerintah Daerah dalam memenuhi sarana transportasi dasar dan kesejahteraan bagi masyarakat.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Natuna, Iskandar Dj menerangkan, kapal rakyat ini merupakan hibah dari Kementerian Perhubungan tahun anggaran 2018 lalu. Namun baru diserahkan Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Daerah pada tahun 2019.

Pemerintah Daerah juga telah menerima hibah kapal yang sama sebanyak 3 unit, yang diserahkan untuk Kecamatan Midai, Pulau Laut dan Bunguran Utara. Sehingga total keseluruhan kapal rakyat yang telah diterima Pemerintah Kabupaten Natuna berjumlah 4 unit.

Tahun ini, Dinas Perhubungan Kabupaten Natuna juga telah kembali mengusulkan hibah kapal serupa kepada Kementerian Perhubungan, sebanyak 7 unit, yang nantinya akan diserahkan ke beberapa kecamatan di luar Pulau Bunguran Besar, yang belum mendapatkannya. Seperti Kecamatan Serasan, Serasan Timur, Suak Midai dan Bunguran Barat.

Kapal Rakyat ini diterima langsung Camat Subi, Awang Natuna Saputra, dengan disaksikan sejumlah perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) serta masyarakat. (*)