PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Cuaca Ekstrem, Polsek Gunung Kijang Sambangi Nelayan Kawal
Oleh : Syajarul Rusydy
Jum\'at | 06-12-2019 | 16:52 WIB
monang-nelayan-kawal.jpg honda-batam
Kapolsek Gunung Kijang, AKP Monang P Silalahi saat menyampaikan imbauan kepada nelayan di Kawal, Kabupaten Bintan. (Foto: Syajarul Rusydy)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Polsek Gunung Kijang menyambangi nelayan-nelayan yang ada di Kelurahan Kawal, Kecamatan Gunung Kijang untuk memberi imbauan dalam upaya mengantisipasi cuca ekstrem belakangan ini.

Kapolsek Gunung Kijang, AKP Monang P Silalahi menyampaikan, saat ini khsusnya Kabupaten Bintan, tengah memasuki musim Angin Utara. Dipastikan cuaca dalam beberapa hari ke depan, mulai ekstrem.

"Saat ini saja, ombak di laut sudah mencapai 1,5 sampai 2 meter. Sangat berisiko tinggi bagi kita, yang beraktivitas di laut," kata Monang saat di Pelantar Kawal, Jumat (6/11/2019).

Untuk itu, kepada para operator kapal, nakhoda dan ABK agar selalu memperhatikan cuaca apabila akan berangkat melaut, monitor terus perkembangan cuaca dari BMKG setempat dan imbauan dari Syahbandar.

"Kita minta agar tidak memaksakan diri untuk berangkat melaut, apabila cuaca tidak memungkinkan serta perhatikan kondisi Kapal apakah masih laik jalan atau perlu perbaikan," imbuh Monang.

Selain itu, kapten kapal harus melengkapi kapalnya dengan life jacket dan memperhatikan keselamatan ABK-nya. Untuk setiap ABK Kapal yang berbeda-beda suku agar saling toleransi dan menghargai, sehingga tidak terjadinya perselihan atau perkelahian yang mengakibatkan kerugian bagi semua pihak.

"Jangan memuat barang atau beban dengan over kapasitas di kapal untuk menghindari kecelakaan di laut," imbuh Monang.

Editor: Gokli