PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Terpanggil untuk Mengabdi di Kampung Halaman

Fachrizal-Johari Maju Pilkada Anambas dari Jalur Independen
Oleh : Freddy
Minggu | 01-12-2019 | 14:06 WIB
fachrizal_johari.jpg honda-batam
Pasangan Fachri-Johari ikut bursa Pilkada Anambas 2020 melalui jalur independen (Foto: Freddy)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Pasangan Fachrizal-Johari mengaku terpanggil untuk mengabdi di kampung halaman. Pengabdian tersebut rencananya akan diwujudkan melalui Pilkada Anambas 2020 mendatang.

"Hampir 24 tahun lamanya, saya tak menginjakkan kaki di kampung halaman ini. Karena begitu lamanya saya mengabdi di perusahaan migas, saya ingin kembali ke Anambas. Dan saya ingin mengabdi untuk daerah ini," kata Fachrizal atau Ical Long Enon, Minggu (1/12/2019).

Fachrizal menambahkan, alasan lain menjadi peserta dalam Pilkada Anambas 2020 yaitu atas dorongan kaum milenial dan sejumlah orang tua serta keluarga. Selain itu, juga karena prihatin melihat kondisi Anambas yang sudah 11 tahun mekar dari kabupaten induk, namun sering melepaskan peluang.

"Itu alasan saya ingin mengabdi untuk Anambas, dan saya cukup terharu melihat sejumlah kaum milenial di Anambas yang konsisten mendorong dan mendukung kami," ujarnya.

Fachrizal menguraikan, keterharuannya kepada kaum milenial tidak hanya bentuk kalimat saja, namun diikuti dengan perbuatan yakni pengumpulan formulir dukungan untuk maju sebagai Peserta Pilkada 2020 Anambas melalui jalur independen.

"Kami bukannya anti politik, namun kami bukanlah orang politik. Sehingga kami memantapkan wacana ini melalui jalur independen, kalau pun kedepan ada parpol yang mendukung kami, kami tetap membuka ruang," urainya seraya mengaku telah mengumpulkan 3.423 formulir dukungan jalur independen yang beredar di 9 kecamatan.

Hal yang sama juga disampaikan oleh pendamping Fachrizal, Johari. Johari mengaku dirinya telah lama merantau dari Anambas. Dan sudah terlalu lama mengabdi di luar daerah.

"Saya juga sudah 20 tahun berada di luar Anambas. Melalui kesempatan ini, kami akan memaksimalkannya untuk mengabdi pada kampung halaman ini," ujar Johari yang saat ini masih berprofesi Notaris.

Sebelumnya, KPU Kepulauan Anambas telah menetapkan jumlah dukungan minimal calon bakal bupati dan wakil bupati jalur independen. "Dukungan minimal yaitu 10 persen dari DPT, atau sekitar 3.153 dan beredar di 6 kecamatan," kata Ketua KPU Anambas, Jufri Budi.

Editor: Surya