Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Panglima TNI Tinjau Lahan Makogabwilhan I di Dompak, Dibangun Awal 2020
Oleh : Syajarul Rusydy
Senin | 25-11-2019 | 18:04 WIB
lahan-mako-dompak.jpg Honda-Batam
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto bersama Plt Gubernur Kepri H Isdianto dalam acara penyerahan lahan untuk Makogabwilhan I di Dompak, Tanjungpinang. (Foto: Syajarul Rusydy)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Markas Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Makogabwilhan) I segera dibangun di Dompak, Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau (Kepri).

Lahan untuk Makogabwilhan I ini secara resmi diserahkan Plt Gubernur Kepri H. Isdianto kepada Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Senin (25/11/2019). Panglima TNI Hadi Tjahjanto mengatakan pembangunan akan dimulai awal tahun 2020 mendatang.

"Tadi saya sudah terima lahannya dari Pak Gubernur. Rencanya akan dibangun awal tahun depan," kata Hadi Tjahjanto di sela-sela peninjaun lokasi.

Panglima TNI Hadi Tjahjanto juga mengatakan tanahnya (lokasi) strategis karena langsung menghadap ke laut. Tanjungpinang yang dilewati alur laut kepulauan Indonesia (ALKI) 1, lanjutnya, sangat tepat apabila markas komando ada di sini.

Pembangunan Makogabwilhan I di Tanjungpinang, katanya, sudah direncanakan sejak awal tahun 2004, namun baru terealisasi tahun 2019. "Kepri ini strategis karena berada di tengah-tengah, terjangkau ke mana-mana, cakupannya lebih mudah," ungkap Hadi Tjahjanto.

"Kebetulan juga di Tanjungpinang ada Pangkalan Udara dan dermaganya, apabila pesawat tempur masuk lebih mudah. Termasuk pesawat angkut berat lebih mudah," tambahnya.

Sementara untuk Makogabwilhan II akan dibangun di Balikpapan, Kalimantan Timur, dan Makogabwilhan III di Biak, Papua. "Satuannya sudah ada, misalnya Kodam, Koarmada I, Koopsau I, apabila diperlukan dalam rangka penindakan operasi perang dan operasi non perang," tutup Hadi.

Dalam peninjauan lokasi Makogabwilhan ini, Panglima TNI didampingi Panglima Kogabwilhan I Laksamana Madya TNI Yudo Margono, Plt Gubernur Kepri Isdianto, Kapolda Kepri Irjen Pol Andap Budhi Revianto, Danrem 033/WP Brigjen TNI Gabriel Lema, Danlantamal IV Laksamana Pertama TNI Arsyad Abdullah, Danlanud RHF Kolonel Pnb Andi Wijanarko serta pimpinan TNI di wilayah Kogabwilhan I dan Polri.

Editor: Gokli