Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pantai Kencana Ganti Nama Jadi Pantai Piwang, Ngesti: Untuk Menonjolkan Khas Natuna
Oleh : Kalit
Jum\'at | 22-11-2019 | 18:04 WIB
piwang-kencana.jpg Honda-Batam
Pantai Piwang yang dulunya dikenal dengan Pantai Kencana di Kabupaten Natuna. (Foto: Kalit)

BATAMTODAY.COM, Natuna - Kisruh nama Pantai Kencana berubah menjadi Pantai Piwang menjadi atensi Pemerintah Kabupaten Natuna. Hal ini menjadi dilema saat Wakil Bupati Natuna, Ngesti Yuni baru mengetahui dari Dinas Perkim.

Wabup Natuna Ngesti pun menjadi bingung setelah tiba-tiba muncul nama Pantai Piwang. Dikatakan Ngesti, dirinya mendapat informasi dari Dinas Perkim. "Pergantian nama baru saya ketahui dari Dinas Perkim, kemudian saya instruksikan untuk berkordinasi dengan pihak Kecamatan Bunguran Timur," ucap Ngesti kepada BATAMTODAY.COM, Jumat (22/11/2019).

Dijelaskan Ngesti, nama Pantai Piwang dibuat untuk menonjolkan nama khas daerah wilayah Natuna dan nama tersebut diinisiasi dari pihak Satker Provinsi Kepri.

"Dinas Perkim nanti akan berkordinasi dengan pihak Kecamatan Bunguran Timur," tuturnya.

Hal senada juga disampaikan Kepala Dinas Perkim Natuna, Hendra Kesuma melalui Jojo, Kabid Permukiman menjelaskan nama Pantai Piwang inisiasi dari pihak Satker Provinsi Kepri yang bertujuan membuat nama tersebut menjadi khas dengan indentik Natuna berada di Tanah Melayu.

"Kalau kita cari penyelusuran di Google nama Pantai Kencana, maka yang pertama muncul Pantai Kencana di Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, di sana lebih besar dan sudah terkenal, karena memiliki resort, hotel dan pantai bernama Kencana," jelas Jojo.

Lebih lanjut, Jojo menguraikan, Pantai Kencana sebelum bernama Pantai Stress. Hal ini juga belum dipayungi dasar Perda (Peraturan Daerah) atau Perbup (Peraturan Bupati). Terkait nama pihak Satker juga sudah berkordinasi dengan pihak Kejati Kepri Selaku TP4D.

"Dengan dibuatnya nama Pantai Piwang, dipastikan nama tersebut akan tidak ada di daerah lain dan akan langsung menuju Kabupaten Natuna," ujar Jojo.

Pemerintah Kabupaten Natuna melalui Dinas Perkim akan berkordinasi kepada pihak Kecamatan Bunguran Timur, para Tokoh Adat dan masyarakat agar nama Pantai Piwang bisa ke depanya nanti menjadi salah satu Icon Kabupaten Natuna.

Diketahui, proyek pembangunan taman pantai di Jalan Soekarno Hatta, Ranai itu sudah hampir rampung. Tempat tersebut adalah satu satunya objek bermain untuk anak-anak dan juga tempat favorit masyarakat Natuna untuk melakukan joging olahraga dan santai bila di sore dan malam hari.

Editor: Gokli