Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

SMPN 1 Meral Deklarasikan Diri sebagai Sekolah Ramah Anak
Oleh : Freddy
Kamis | 21-11-2019 | 19:52 WIB
deklarasi-smpn-1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Deklarasi SRA di SMPN I Meral, Kabupaten Karimun, Kamis (21/11/2019). (Foto: Freddy)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) I Meral, Kabupaten Karimun, mendeklarasikan sebagai Sekolah Ramah Anak (SRA), Kamis (21/11/2019) pagi, di halaman sekolah.

Dimulai dengan pembacaan deklarasi yang dibacakan langsung Kepala SMPN 1 Meral, Jufrizal, dan diikuti puluhan siswa/i dari sejumlah kelas di SMPN 1 Meral.

Ada 7 butir pernyataan di dalam deklarasi sekolah ramah anak yang dibacakan, yakni pertama meningkatkan keimanan dan ketaqwaan menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab, kedua menjadikan sekolah sebagai sarana pendidik dengan pelayanan prima,aman bersih,sehat, hijau, inklusif,nyaman bagi perkembangan peserta didik.

Dan poin 3 yakni menghargai hak anak menjadi motivator, fasilitator, sekaligus sahabat bagi peserta didik, poin ke-4 menciptakan sekolah bebas dari vandalisme, kekerasan fisik dan non fisik, ke-5 yakni melaksanakan pembelajaran dengan kasih sayang, menciptakan sekolah bebas asap rokok, miras dan Napza,

Sementara poin ke-6 yakni membangun sekolah sebagai komunitas pembelajaran dan tempat pendidikan sekolah keluarga dan poin ke-7 menjadi sahabat dalam kebersamaan, bermartabat menjunjung tinggi nilai bangsa.

Juprizal, kepala sekolah SMPN 1 Meral dalam sambutannya menyampaikan program sekolah ramah anak ini merupakan dukungan kita terhadap program pemerintah yang bertujuan menekan tingkat kekerasan terhadap anak,khususnya dilingkungan sekolah.

Ia mengungkapkan Sekolah Ramah Anak harus diwujudkan dalam membangun generasi terbaik dan sekolah selalu bersih serta tidak ada lagi terlihat siswa yang merokok dan sekolah bebas asap rokok.

Juprizal berharap dengan deklarasi yang dilakukan pagi ini dapat tercipta sekolah yang memberikan rasa nyaman dan aman serta dapat menjadikan anak generasi terbaik nantinya.

Freddy, Ketua Komite SMPN 1 Meral mengatakan deklarasi sekolah Ramah Anak merupakan salah satu upaya untuk menekan tingkat kenakalan remaja, tindak kekerasan ke anak, pergaulan yang kurang baik dan lain sebagainya.

"Saya ingin agar seluruh murid di sekolah SMPN 1 Meral ini tidak hanya bisa sekedar membacakan deklarasi saja tapi hendaknya dapat dilaksanakan dan kalau bisa menjadi contoh bagi sekolah lain," ujarnya.

Menurutnya, dengan dilakukan deklarasi sekolah ramah anak (SRA), anak-anak di sekolah ini akan lebih merasa kenyamanan,tidak ada lagi tindak kekerasan pada anak, tidak ada yang merokok di sekolah dan sekolah terbebas dari penyalahgunaan narkoba.

Dari pantauan BATAMTODAY.COM di lapangan deklarasi Sekolah Ramah Anak di SMPN 1 Meral ini dihadiri kepala sekolah dan majelis guru serta Lurah Meral kota, Babinsa, ketua komite SMPN 1 Meral serta paguyuban kelas.

Deklarasi Sekolah Ramah Anak diakhiri dengan penyerahan surat keputusan oleh kepala sekolah SMPN 1 Meral kepada panitia SRA dan dilanjutkan dengan penandatanganan deklarasi di salah satu spanduk yang disiapkan panitia.

Editor: Gokli