Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Musim Angin Utara, Waspada Gelombang Tinggi dan Angin Kencang di Perairan Anambas
Oleh : Alfredy Silalahi
Rabu | 20-11-2019 | 09:40 WIB
pelabuhan-anambas1.jpg Honda-Batam
Pelabuhan Anambas. (Foto: Alfredy Silalahi)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Tarempa mengimbau para pengguna transportasi laut waspada terhadap angin kencang dan gelombang tinggi. Pasalnya, saat ini cuaca di Anambas sudah mulai memasuki musim angin Utara.

"Untuk transportasi laut dan aktivitas kelautan dihimbau agar waspada terhadap gelombang tinggi yang dapat mencapai 1,5 hingga 3,0 meter di wilayah perairan Anambas," kata Kepala BMKG Tarempa, Dudi Juhandinata, Rabu (20/11/2019).

Dudi menguraikan, kecepatan angin di wilayah Anambas mencapai 3 sampai 20 knots dari Utara. Menurutnya, musim angin Utara sudah langganan wilayah Anambas sehingga terjadi gelombang yang tinggi.

"Awal November lalu kita sudah memasuki musim Utara, namun belum begitu terasa pada gelombang. Namun jangan dianggap sepele, dan kita harus tetap waspada. Karena ini sudah mulai gelombang tinggi dan angin kencang," jelasnya.

Pantauan di lapangan, aktivitas nelayan pagi ini cukup sepi. Mungkin karena diguyur hujan dan angin kencang serta gelombang tinggi.

Editor: Yudha