PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Lima Peristiwa di Hari Jumat
Oleh : Redaksi
Jum\'at | 15-11-2019 | 08:04 WIB
ilustrasi-hari-jumat.jpg honda-batam
Ilustrasi. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Hari Jumat merupakan hari istimewa bagi kaum Muslim. Pada hari itu, pintu keberkahan dan kebaikan dibuka oleh Allah dan pahala amal ibadah dilipatgandakan.

Selain itu, bacaan shalawat dan salam akan langsung sampai kepada Nabi Saw. Juga doa akan dikabulkan. Selain itu, terdapat kejadian penting pada hari jumat yang tidak terjadi di hari-hari lain.

Dalam hadis riwayat Imam Ibnu Majah disebutkan bahwa Nabi Saw bersabda;

"Sesungguhnya hari Jumat adalah penghulu hari dan hari paling mulia di sisi Allah. Ia lebih mulia di sisi Allah dibanding hari Iduladha dan Idulfitri. Di hari tersebut terjadi lima perkara penting; Allah menciptakan Adam di hari Jumat, Allah menurunkannya ke bumi di hari tersebut, di hari tersebut Allah mewafatkannya, di dalamnya terdapat sebuah waktu di mana tidak seorang pun meminta kepada Allah di waktu tesebut kecuali Allah akan memberinya selama tidak meminta hal yang diharamkan, di hari tersebut terjadi hari kiamat."

Berdasarkan hadis di atas, maka ada lima kejadian penting pada hari Jumat, baik yang berkaitan dengan masa lalu, masa sekarang dan yang akan datang.

Pertama, Allah menciptakan Nabi Adam di hari Jumat.

Kedua, Allah menurunkan Nabi Adam ke bumi di hari Jumat setelah melanggar perintah Allah untuk tidak memakan buah khuldi.

Ketiga, Allah mewafatkan Nabi Adam di hari Jumat.

Keempat, pada hari Jumat terdapat sebuah waktu mustajab. Pada waktu tersebut doa pasti dikabulkan oleh Allah. Berdasarkan riwayat yang lebih kuat, waktu tersebut berada ketika khatib duduk di antara dua khutbah hingga shalat Jumat dilaksanakan dan di penghujung waktu setelah Ashar.

Kelima, hari kiamat akan terjadi di hari Jumat. Meski demikian, terkait kepastian waktu terjadinya tidak ada yang tahu kecuali Allah.

Editor: Chandra