PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Batimetri Telah Selesai, BP Batam Gesa Renovasi Pelabuhan Pelni Sekupang
Oleh : Nando
Kamis | 14-11-2019 | 15:52 WIB
bp-batam-again_dendi.jpg honda-batam
Direktur Promosi dan Humas BP Batam, Dendi Gustinandar. (Nando)

BATAMTODAY.COM, Batam - Badan Pengusahaan (BP) Batam, telah menyelesaikan pengukuran kedalaman alur atau batimetri untuk lokasi dan parkir kapal Pelni, pada pelabuhan beton Sekupang.

Direktur Promosi dan Humas BP Batam, Dendi Gustinandar menjelaskan hal ini merupakan penyelesaian tahap awal dalam bagian renovasi. Selanjutnya pihaknya akan menggesa proses pemindahan pelabuhan dari kawasan Batuampar, ke pelabuhan Sekupang.

"Kesimpulannya kedalaman sudah mencukupi untuk digunakan kapal pelni," ujar Direktur Promosi dan Humas BP Batam, Dendi Gustinandar, Kamis (14/11/2019).

Diakuinya sekarang yang dikerjakan adalah renovasi terminal keberangkatan Pelabuhan Beton Sekupang. Sejauh ini prosesnya sedang dalam proses persiapan lelang.

Sebelumnya Karena Pelabuhan Batu Ampar yang selama ini difungsikan sebagai Pelabuhan kapal Pelni dinilai tak layak, BP Batam bakal segera memindahkan Pelabuhan kapal Pelni ke Sekupang. Dendi mengatakan targetnya mendekati Natal atau Tahun Baru nanti, pelabuhan itu sudah bisa digeser kembali ke Sekupang.

Harapannya, pengangkutan penumpang jelang Natal atau Tahun Baru sudah bisa dioperasionalkan di sana.

"Saat ini prosesnya sedang disiapkan. Ditargetkan rencana angkutan Natal atau Tahun Baru sudah bisa digeser ke Sekupang," kata Dendi.

Ia melanjutkan, dari operasional pelabuhan sedang mempersiapkan beberapa hal yang dibutuhkan untuk pemindahan tersebut. BP Batam juga telah berkomunikasi dengan Pelni, terkait pemindahan ini.

Sementara untuk perbaikan gudang di Pelabuhan Sekupang, anggaran perbaikannya masih dalam proses.

Editor: Surya