PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Timpora Belakangpadang Patroli Deteksi WNA di Resort Pulau Nirup
Oleh : Saibansah
Kamis | 14-11-2019 | 14:17 WIB
sidak-orang-asing-nirup.jpg honda-batam
Kepala Seksi Wasdakim Kantor Imigrasi Kelas II Belakang Padang Washono (topi hitam) saat berdialog dengan penanggung jawab proyek resort Pulau NIlum. (Foto: Saibansah)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kepala Seksi Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian (Wasdakim) Kantor Imigrasi Kelas II Belakang Padang Washono bersama dengan sekitar 25 orang dari berbagai instansi melakukan deteksi dini pengawasan orang asing di Pulau Nirup, Kelurahan Sekanak Raya, Belakangpadang, Batam, Kamis (14/11/2019).

Di pulau yang sedang dibangun resort itu, tim melakukan dialog dengan penanggung jawab proyek untuk menggali keterangan mengenai tenaga kerja asing. Juga, mengenai tenaga kerja lokal yang dipekerjakan di proyek resort tersebut.

"Orang asing yang datang ke sini hanya melihat-lihat saja, tidak bekerja. Sedangkan untuk tenaga kerja proyek non skill kita prioritaskan warga pulau-pulau sekitar," ujar penanggung jawab proyek, Roland.

Setelah dilakukan dialog dan pengecekan lokasi secara fisik, tidak ditemukan ada orang asing yang bekerja di Pulau Nirup. Meski demikian, kegiatan tersebut dilakukan sebagai deteksi dini.

"Timpora dari berbagai instansi ini melakukan kegiatan deteksi dini terhadap kemungkinan adanya pelanggaran keimigrasian oleh WNA. Apalagi, saat ini di Pulau Nirup sedang berlangsung proyek pembangunan resort," ujar Washono menjawab BATAMTODAY.COM di Pulau Nirup.

Instansi yang terlibat dalam kegiatan Timpora ini adalah, kejaksaan, kepolisian, TNI, BAIS, camat, lurah, karantina dan beberapa instansi lain lagi.

Editor: Dardani