Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jika PKS Beri Mandat, Zarkirman Siap Perebutkan Kursi Bupati Bintan di Pilkada 2020
Oleh : Harjo
Senin | 11-11-2019 | 17:04 WIB
zakirman-milenial.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Zakirman, anggota DPRD Bintan dari Fraksi PKS. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Zakirman, anggota DPRD Bintan termuda dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengaku siap maju mencalonkan diri sebagai Bupati Bintan apabila PKS memberikan kepercayaan kepadanya.

"Kalau diberi kepercayaan, insyaallah saya siap maju sebagai Bupati," kata Wakil Ketua Komisi III DPRD Bintan itu di Tanjunguban, Senin (11/11/2019).

Pria kelahiran 22 Agustus 1985 itu menyampaikan, PKS memiliki 3 kursi di DPRD Bintan, di mana syarat mencalonkan Bupati/Wakil Bupati Bintan pada Pilkada 2020 nanti adalah partai/gabungan partai politik mengantongi 20 persen kursi DPRD Bintan atau 25 persen suara partai pada Pemilu Legislatif 2019 lalu.

"PKS sudah mengantongi 3 kursi, tinggal menambah 2 kursi lagi dengan berkoalisi bersama partai lain. Kita ketahui NasDem memiliki 4 kursi, PDIP 2 kursi, PAN dan Hanura 1 kursi. Kalau ini berkoalisi akan menjadi koalisi gemuk/mayoritas," ujarnya.

Zakirman menyampaikan tekadnya untuk maju juga mewakili warga Bintan bagian Utara yang minim calon berasal dari partai politik, juga kondisi perekonomian di Bintan yang cukup sulit, dan tingginya angka pengangguran terbuka yang mencapai 8 persen lebih menurut data Badan Pusat Statistik (BPS).

"Angka pengangguran tinggi, ini perlu dicarikan solusi. Bagaimana agar lapangan kerja banyak tercipta," tambahnya.

Potensi Bintan bagian Utara yang startegis di mana aksesibilitas barang dan orang dari Bintan menuju Batam dan sebaliknya, menurutnya, harus dimanfaatkan secara optimal. Selian itu potensi pariwisata Lagoi yang sudah dikenal dunia internasional harus lebih digenjot dengan memberi laluan lebih kepada pemuda tempatan, anak-anak Bintan.

"Pada kawasan industri Lobam harus dilaksanakan training-training ketrampilan profesional yang sesuai dengan kebutuhan industri era 4.0, era digital, agar pekerja kita bisa menyesuaikan dengan zaman yang sudah canggih ini," ungkapnya.

Kesiapan tenaga kerja yang trampil dan profesional, katanya, akan menjadi daya tarik tersendiri selain fasilitas infrastruktur yang lengkap. "Kesiapan tenaga kerja yang produktif, melek teknologi juga nilai jual untuk menarik investor datang. Jangan dipandang sebelah mata soal tenaga kerja trampil dan berpendidikan tinggi," tegasnya.

Apabila masyarakat nantinya memberi kepercayaan untuk memimpin Bintan, lanjutnya, segitiga pengembangan perekonomian akan dia praktekkan, yaitu pertumbuhan kelautan perikanan pariwisata untuk wilayah Bintan bagian Timur, pertanian dan pariwisata untuk bagian Tengah, serta pariwisata, perdagangan dan industri untuk bagian Utara.

"Perekonomian dan penciptaan lapangan kerja menjadi kunci tercapainya kesejahteraan. Tetapi harus sebesar-besarnya melibatkan warga. Pemuda lokal tidak boleh hanya menjadi penonton, nakun harus menjadi pemain," imbuhnya.

Editor: Gokli