PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Partai Gelora Batal Dideklarasikan, Hanya Gelar Syukuran saja
Oleh : Irawan
Minggu | 10-11-2019 | 08:32 WIB
gelora_fahri_anies.jpg honda-batam
Inisiator Partai Gelora Fahri Hamzah dan Anies Matta

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Inisiator Partai Gelombang Rakyat (Gelora), Fahri Hamzah membantah kalau partainya akan menggelar deklarasi partai pada Minggu (10/11/2019).

Menurut dia, pihaknya hanya menggelar syukuran Hari Pahlawan. "Besok (hari ini, red) itu, lebih pada kita mau syukuran hari pahlawan. Kalau dibilang deklarasi, bukan. Syukuran aja, kita ngumpul kalau syukuran,” jelas Fahri saat ditemui di Hotel Regis Arion, Jakarta Selatan, Sabtu (9/11/2019).

Pembatalan acara deklarasi Partai Gelora juga diumumkan melalui Twitter dan Istagram Partai Gelora, @partaigeloraID on Twitter dan @partaigeloraID on Instagram, Jumat (8/11/2019) lalu.

Banyak Sahabat #GeloraIndonesia bertanya tentang kabar-kabar yang berkembang pada akhir pekan ini, Sabtu-Ahad 9-10 November 2019. Banyak yang mendengar akan adanya semacam deklarasi. Sehingga banyak yang bertanya mengapa tidak diundang.

Biasanya deklarasi partai adalah peristiwa besar, mengapa tak ada iklan dan undangan kepada khalayak umum? Inilah yang secara sederhana ingin kami sampaikan kepada para sahabat semuanya.

"Bahwa besok, Mingggu (10/11/2019) hanya ada konsolidasi struktur wilayah pasca penyerahan dokumen pendaftaran kepada notaris," kata Partai Gelora.

Menurut mereka, memang gemanya seolah ada deklarasi. Tapi Partai Gelombang Rakyat Indonesia baru saja kemarin pada 4 November 2019 memulai tahapan pendaftaran.

Selanjutnya, Partai Gelora harus melakukan konsolidasi terlebih dahulu agar proses pendaftaran di kementerian hukum dan HAM nanti berjalan lancar.

"Terima kasih atas perhatian dan semangat semuanya dan mohon maaf kepada yang merasa belum diundang karena memang yang diundang baru panitia pendaftaran partai dan struktur wilayah sampai provinsi saja. Bahkan sebagian pendiri dan pengurus inti belum diundang karena keterbatasan yang ada," katanya.

Partai Gelora menegaskan, pada Hari Ahad, 10 November 2019 kebetulan bertepatan dengan peringatan #HariPahlawan2019 yang ke-74, sehabis konsolidasi teman-teman akan mengadakan syukuran #74TahunHariPahlawan

"Pak Anis Matta & Fahri Hamzah serta beberapa inisiator #GeloraIndonesia akan hadir di kawasan Kemang," katanya

"Sekali lagi, #GeloraIndonesia mengucapkan terima kasih dan sekaligus permohonan maaf, semoga keterangan ini menjadi jelas kiranya. Terima kasih," pungkasnya.

Terkait kegiatan yang tengah dilakukan saat ini, Fahri Hamzah mengatakan bahwa pihaknya mengumpulkan para calon kader dan pengurus Partai Gelora dalam acara konsolidasi pertama serta penandatanganan akta pendirian partai.

"Ini kan para pendiri, kemudian temen-temen wilayah, istilahnya itu masuk dalam kategori inisiator, pertanda struktur yang terbentuk lagi kumpul-kumpul dulu lah, konsolidasi, karena mereka kemarin baru kerja mengumpulkan dokumen-dokumen persyaratan notaris," katanya.

Mantan Wakil Ketua DPR RI periode 2014-209 itu juga mengatakan, syarat-syarat administrasi untuk membentuk partai paling lambat dapat diselesaikan selama dua bulan. Menurut dia, dokumen-dokumen Partai Gelora sudah diserahkan ke Kementerian Hukum dan HAM melalui notaris.

"Paling telat kita harus sudah bisa selesai, beserta seluruh tahapan dan kelengkapan administrasinya karena itu kan mesti dicek oleh kementerian. Pemeriksaannya akan lebih akurat oleh Kemenkumham, oleh dinas-dinas politik di daerah semua mesti diperiksa," pungkas inisiator Gerakan Arah Baru Indonesia (GARBI) itu.

Editor: Surya