PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bertemu Tokoh Lintas Agama, Wamenag Sampaikan Tiga Modal Jaga Persatuan Bangsa
Oleh : Redaksi
Sabtu | 09-11-2019 | 18:40 WIB
3-modal.jpg honda-batam
Wamenag Zainut Tauhid Saadi, saat bertemu dengan tokoh lintas agama di Yogyakarta, Jumat (8/11/2019). (Kemenag)

BATAMTODAY.COM, Yogyakarta - Wakil Menteri Agama, Zainut Tauhid Saadi mengatakan, setidaknya ada tiga modal yang menjadikan bangsa ini di usia 74 tahun tetap kuat kokoh persatuan dan kesatuannya.

Modal pertama, modal ruhaniah, Wamenag mengatakan, bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa religius, bangsa yang dituntun dalam kehidupannya oleh kita suci sesuai ajaran agama-masing. "Sehingga setiap prilaku masyarakatnya berada dalam bimbingan Tuhan," ujar Wamenag saat bertemu dengan tokoh lintas agama di Yogyakarta, Jumat (8/11/2019) seperti dikutip situs resmi Kemenag RI.

Modal kedua, modal sosial budaya. Menurutnya, Indonesia sangat kaya dengan ratusan etnik, bahasa, dengan ribuan pulau, selain agama.

"Keberagaman ini menjadi modal luar biasa untuk memperkuat NKRI. Kebhinekaan ini akan jadi malapetaka bila tidak disyukuri sebagai karunia Tuhan. Modal kebinekaan ini harus kita rawat untuk menjaga NKRI ini," katanya.

Modal ketiga, modal idiologi. Ia mengatakan, bangsa ini punya Pancasila. Menurutnya, Pancasila merupakan titik temu dari perbedaan-perbedaan yang ada dari bangsa ini.

"Pancasila bisa dikatakan kesepakatan yang jadi pengikat kuat rakyat Indonesia agar tidak tercerai berai. Nilai Pancasila bisa diterima semua pihak, sehingga di atas dasar kesepakatan ini, Indonesia bisa berdiri kokoh hingga saat ini," kata Wamenag.

"Kesepakatan ini harus dilanjutkan dengan sikap dan prilaku kita dengan saling menolong tidak saling membenci," sambungnya.

Tampak hadir, Kakanwil Kemenag Yogyakarta Edhi Gunawan, ketua FKUB Yogyakarta, unsur pemerintah daerah provinsi DIY Yogyakarta.

Editor: Gokli