PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Daftar di Golkar dan PBB, Pasangan Fachrizal dan Johari Tetap Fokus Jalur Independen
Oleh : Fredy Silalahi
Kamis | 07-11-2019 | 12:54 WIB
ical1.jpg honda-batam
Fachrizal foto bersama dengan para pendukungnya. (Fredy)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Pasangan Fachrizal (Ical Long Enon) dan Johari telah memutuskan tetap maju pada Jalur Independen pada Pilkada 2020 Kepulauan Anambas. Sedangkan terkait pendaftaran di partai politik yaitu Partai Golkar dan PBB, diakui hanya sebatas memperkenalkan diri.

"Kalau kami dipercaya mengemban amanah 5 tahun kedepan, maka wajib bersinergi dengan legislatif. Inilah cara kami memperkenalkan ke partai politik, karena kami bukan orang politik. Fachrizal dan Johari, tetap fokus pada jalur independen," kata Facrizal atau biasa dipanggil Ical Long Enon, Kamis (7/11/2019).

Ical mengaku telah berkoordinasi dengan petinggi Partai Golkar dan PBB, bahwa kecil kemungkinan Fachrizal dan Johari diusung. Pasalnya, pasangan tersebut diluar kader partai politik.

"Kami sudah berkoordinasi dengan petinggi partai, mereka akan mengutamakan kader partai daripada orang luar. Kecuali kader tidak ada yang mendaftar," terangnya.

Terkait syarat calon perseorangan (independen) yang telah ditetapkan KPU, Ical mengakui telah mengantongi syarat tersebut. "Kami sudah siap dan syarat dukungan 10 persen dari DPT sudah terpenuhi," ucapnya.

Sebelumnya, Golkar dan PBB Kepulauan Anambas menerima 11 dokumen pendaftaran Bacalon Bupati dan Wakil Bupati. 6 diantaranya mendaftar sebagai Bacalon Bupati yakni, Aswar Abdullah (Ketua DPC PBB), Amat Yani (Anggota DPRD), Fahcrizal (Karyawan Swasta), Muhammad Kasren (Ketua DPD II Golkar), Suhaji (Dosen UIR Pekanbaru) dan Tengku Mukhtaruddin (Mantan Bupati Anambas).

Sedangkan 5 nama yang mendaftar sebagai Bacalon Wakil Bupati yaitu, Basaruddin Idris (Wiraswasta), Efiyar M Amin (Pensiunan ASN), Fatahurrahman (Ketua Kekerabatan Anambas di Batam), Johari (Notaris) dan Raja Bayu Febri Gunadian (Anggota DPRD).

"Nama-nama ini mendaftar secara masing-masing, dan belum ada pasangan," ucap Ketua DPD II Golkar, Muhammad Kasren.

Editor: Chandra