Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bawaslu Lingga Segera Rekrut Anggota Panwascam untuk Pilkada 2020
Oleh : Bayu Yiyandi
Senin | 04-11-2019 | 13:16 WIB
bawslu-lingga.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Ketua Bawaslu Lingga, Zamroni. (Bayu)

BATAMTODAY.COM, Lingga - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Lingga akan memulai tahapan perekrutan anggota Pengawas kecamatan (Panwascam). 

Hal ini bertujuan untuk membantu Bawaslu dalam melakukan kegiatan pengawasan Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati tahun 2020. Total 39 orang dibutuhkan dalam proses itu.

Ketua Bawaslu Lingga, Zamroni, mengatakan perekrutan dimulai pada awal November 2019 sembari menunggu ketentuan dari Bawaslu RI.

Pelaksanaan ini juga sesuai dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 15 Tahun 2019 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Wali Kota dan Wakil Wali Kota tahun 2020 dimana PPK dibentuk pada Januari 2020 sehingga Panwascam harus segera dibentuk guna untuk melakukan pengawasan.

"Jadi kita memanggil sahabat Bawaslu yang ad di Kabupaten Lingga untuk segera mempersiapkan diri mengikuti proses seleksi," kata Zamroni kepada BATAMTODAY, Senin (4/11/2019).

Setelah diseleksi, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) akan mulai bekerja pada Januari 2020 mendatang, demikian juga dengan Panwascam akan mulai melakukan pengawasan pada bulan yang sama di tahun 2020.

"Ini sudah November, bulan Desember sudah selesai rekrutmen, Januari kita pastikan sudah mulai bekerja," sebutnya.

Dengan dimulainya rekrutmen anggota Panwascam di tiap kecamatan-kecamatan yang ada di Kabupaten Lingga, dirinya berharap agar masyarakat di Kabupaten Lingga, dapat antusias untuk mengikuti seleksi yang akan diselenggarakan, sebagai pengawal demokrasi sehingga mendapatkan Pilkada yang berintegritas.

"Totalnya akan ada 39 anggota Panwascam yang nanti akan kita terima, sesuai dengan ketentuan dan persyaratan yang telah ditentukan," tuturnya

Editor: Chandra