Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Peringatan Hari Bakti BP Batam ke-48

Perjalanan BP Batam di Mata Mustofa Widjaya
Oleh : Redaksi
Sabtu | 26-10-2019 | 08:16 WIB
mustofa-habibie.jpg Honda-Batam
Duo mantan Kepala BP Batam, almarhum BJ Habibie dan Mustofa Widjaya. (Foto: Ist)

PERINGATAN Hari Bakti BP Batam ke-48 sangat spesial dan berbeda dengan tahun sebelumnya, karena sejak bulan September 2019 sudah dinahkodai Walikota Batam secara ex-officio. Bagaimana nasib BP Batam di bawah kendali Walikota Batam? Berikut pesan dan harapan mantan Kepala BP Batam, Mustofa Widjaya.

Perjalanan BP Batam dalam memberikan persembahan dalam pembangunan Kota Batam dimulai sejak era Ibnu Sutowo, BJ Habibie, Ismeth Abdullah, Mustofa Widjaja, Hatanto Reksodipoetro, Lukita Dinarsyah Tuwo, hingga Edy Putra Irawady. Konsep pembangunan dan dampak perekonomian telah dirasakan masyarakat yang tinggal di Batam.

Pertumbuhan ekonomi yang begitu terasa ketika perekonomian Kota Batam berkisar di angka 7% di periode 2006-2014. Sektor industri menjadi motor pertumbuhan ekonomi pada saat itu. Namun saat ini, Batam secara perekonomian sedang terpuruk sejak 2017. Pertumbuhan ekonomi hanya di angka 2%. Ini tantangan bagi BP Batam untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi melalui investasi.

Melihat pertumbuhan perekonomian seperti ini, memang bukan kerja BP Batam saja, melainkan ini menjadi tanggung jawab bersama, mulai dari BP Batam, Pemko, maupun instansi-instansi yang lainnya. Masyarakat rindu akan masa kejayaan Batam seperti dulu, begitu juga yang dirasakan oleh Mustofa Widjaja yang pernah menjabat Kepala BP Batam selama 11 tahun ini.

"Peringatan Hari Bakti BP Batam Ke-48 harus menjadi refleksi bagi kita semua untuk meningkatkan pertumbuhan perekonomian. Kita dihadapkan pada keadaan ekonomi yang sulit, ada beberapa investor yang pindah keluar Batam dan ada SDM yang berkualitas juga meninggalkan Batam karena tidak ada lapangan kerja. Ini menyebabkan pertumbuhan ekonomi sangat lamban. Ini tantangan bagi BP Batam," papar Mustofa Widjaja, baru-baru ini.

Selain itu, Mustofa Widjaja juga berpesan bahwa BP Batam harus bersinergi dengan instansi-instansi pemerintahan untuk memberikan yang terbaik demi kemajuan Kota Batam dengan cara mengundang investor baru dan menghidupkan kembali gairah investor yang sedang lesu.

"Sudah saatnya semua instansi bersinergi untuk mencapai kejayaan Kota Batam, hilangkan ego sektoral yang ada dalam masing-masing instansi, begitu juga dengan BP Batam," lanjut Mustofa Widjaya.

Dalam kesempatan ini, saat ditemui awak media di sekitaran Batam Center, orang yang digadang-gadang menjadi Calon Walikota Batam pada Pilwako 2020 ini mengucapkan Selamat Hari Bakti BP Batam, semoga mampu menjadikan Batam lebih maju,sehingga masyarakat sejahtera.

"Selamat Hari Bakti BP Batam ke-48 Tahun, yang diperingati setiap tanggal 26 Oktober. Semoga Batam Maju, Masyarakat Sejahtera," tutupnya.

Editor: Dardani