Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jelang Pemilihan Gubernur Kepri 2020

Jaswar Koto, Urang Awak Bergelar Doktor Siap Maju Pilgub Kepri
Oleh : Saibansah
Kamis | 24-10-2019 | 14:16 WIB
jaswar-koto-cagub.jpg Honda-Batam
Jaswar Koto (kedua dari kiri) saat ngopi bareng bersama dengan rekannya di Food Point Nagoya Hill Batam, Senin 21 Oktober 2019 lalu. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Konstestasi Pemilihan Gubernur (Pilgub) Kepri 2020 mendatang bakal semakin bergairah. Karena, selain sejumlah nama yang selama ini telah beredar di tengah masyarakat, satu lagi nama yang bakal ikut meramaikan Pilgub Kepri 2020.

Sosok itu adalah Jaswar Koto, urang awak yang saat ini menjabat sebagai Presiden International Society of Ocean, Mechanical and Aerospace for scientist and engineers (ISOMAse), sebuah organisasi internasional bagi ilmuwan dan insinyur di bidang kelautan, mekanik dan dirgantara.

Kepastian mencalonkan diri sebagai Pilgub Kepri 2020 itu disampaikan Jaswar Koto saat ngopi bareng bersama dengan rekannya di Food Point Nagoya Hill Batam, Senin 21 Oktober 2019 lalu.

"Iya, saya akan mencalonkan diri menjadi Gubernur Kepri tahun 2020 mendatang," ujar Jaswar Koto menjawab BATAMTODAY.COM,

Meski telah mantap untuk menjajal peruntungannya di dunia politik lokal ini, namun Jaswar Koto masih belum memastikan, bakal maju dari partai politik apa.

"Saya masih belum pasti maju dari parpol apa, bisa saja nanti saja maju dari jalur independen," tambahnya.

Nama Jaswar Koto melejit saat dirinya menjadi saksi ahli Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga dalam sidang Mahkamah Konstitusi (MK) sengketa hasil Pilpres 2019 Juni 2019 lalu.

Meski demikian, dalam beberapa bulan terakhir ini, nama Jaswar Koto masih belum terpantau radari politik di Kepri. Siapakah Jaswar Koto? Doktor lulusan Jepang itu lahir di Padang, Sumatera Barat, pada 5 Oktober 1970. Meraih gelar sarjana sains dari Institute Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, pada tahun 1994.

Kemudian, pada 2000 meraih gelar Master of Business dari Notre Dame University, Australia. Dan pada 2003 meraih gelar Doctor of Engineering, Aerospace and Ocean Engineering, School of Engineering, dari Osaka Prefecture University, Jepang.

Pada tahun 2003, Jaswar melakukan penelitian pada analisis struktur dan korosi karena Karbon Monoksida (CO) dari pipa bawah laut, desain dan analisis hidrodinamik AUV di Australia.

Jaswar Koto juga berkarir sebagai peneliti di Peneliti di Australian Maritime Engineering Research Comparative (AMERC), Perth Node, WA, Australia (1996). Task Force Manager Advanced Ice-ship dan Executive Manager di Research and Development Institute, Sumitomo Heavy Industries Marine Engineering, Jepang (2001 & 2004).

Konsultan di Proyek Gas dan Minyak, ExxonMobil Projects, Jepang (2006). Postgraduate Manager, Department of Aeronutics, Automotive & Ocean Engineering, Faculty of Mechanical Engineering, Universiti Teknologi Malaysia, Malaysia (2010).

Presiden di Ocean and Aerospace Research Institute, Indonesia (2014-Hingga Sekarang). Head & Academic Fellow, High Performance Computing (HPC), Center for Information and Communication Technology (CICT), Universiti Teknologi Malaysia, Malaysia (2015 hingga 2016).

Editor: Dardani