PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jokowi-Ma'ruf Resmi Jadi Presiden dan Wapres Periode 2019-2024
Oleh : Irawan
Minggu | 20-10-2019 | 16:32 WIB
jokowi_pidato_mpr_1.jpg honda-batam
Presiden Joko Widodo saat menyampaikan pidato usai dilantik sebagai presiden pada periode kedua

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Joko Widodo (Jokowi) dan Ma'ruf Amin mengucapkan sumpah sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia. Dengan demikian, Jokowi-Ma'ruf resmi menjadi RI-1 dan RI-2 periode 2014-2019.

Pengucapan sumpah berlangsung saat Sidang Paripurna MPR RI di Gedung MPR/DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (20/10/2019). Jokowi mengucapkan sumpah terlebih dahulu, baru diikuti oleh Ma'ruf Amin.

jokowi berdiri dari kursinya dan mengucapkan sumpah, begitu pula dengan Ma'ruf Amin. Wapres 2014-2019, Jusuf Kalla menyaksikan prosesi pengucapan sumpah.

"Bismillahirrahmanirrahim. Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada nusa dan bangsa," ucap Jokowi.

Setelahnya, Ma'ruf juga mengucapkan sumpah sebagai wakil presiden RI. Dengan ini, Jokowi-Ma'ruf resmi menjadi Presiden-Wapres 2019-2024. Keduanya juga menandatangani berita acara pelantikan.

Keputusan KPU dibacakan
Sebelum dilakukan pelantikan, Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) membacakan petikan keputusan KPU penetapan Jokowi-Ma'ruf sebagai presiden dan wapres terpilih. Jokowi memenangkan Pilpres 2019 setelah meraup 85.607.362 atau 55,50 persen dari total suara sah nasional.

Selanjutnya, Jokowi dan Ma'ruf Amin akan membacakan sumpah mereka. Keduanya kemudian akan menandatangani berita acara pelantikan.

Pelantikan Jokowi-Ma'ruf ini dihadiri oleh tokoh-tokoh dan pejabat negara. Tampak ada Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri dan Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Rival Jokowi-Ma'ruf di Pilpres 2019 yaitu Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno juga hadir. Begitu pula dengan ketum-ketum partai politik. Pejabat dalam negeri juga hadir, termasuk Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri, Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono, mantan Wapres Hamzah Haz.

Sementara itu, pemimpin negara sahabat yang hadir di antaranya adalah Sultan Brunei Darussalam Sultan Hassanal Bolkiah, Perdana Menteri Australia Scott Morrison, Perdana Menteri Republik Singapura Lee Hsien Loong, Perdana Menteri Kamboja Hun Sen, Raja Eswatini Raja Mswati III.

Sidang paripurna pelantikan Jokowi-Ma'ruf ini dihadiri oleh 17 kepala negara, hingga utusan khusus, dan duta besar negara sahabat.

Editor: Surya