PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Liburan Bikin Orang Lebih Bahagia Dibanding Nikah, Ini Alasannya
Oleh : Redaksi
Sabtu | 12-10-2019 | 18:52 WIB
wisata-anambas11.jpg honda-batam
Salah satu kawasan wisata di Kepulauan Anambas. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Bagi banyak perempuan, menikah bisa jadi hal yang paling didambakan dan membahagiakan dalam hidup. Namun pada kenyataannya, menurut sebuah survei terbaru ada hal yang dianggap lebih membahagiakan dibanding pernikahan.

Studi yang dilakukan oleh Booking.com, mengungkapkan bahwa untuk beberapa orang, liburan ternyata jauh lebih membahagiakan dibanding peristiwa penting lainnya dalam hidup seperti menikah atau punya anak.

Penelitian tersebut juga mengungkapkan bahwa orang-orang kini sangat menghargai liburan sehingga hal ini bisa menduduki peringkat teratas tentang hal-hal yang membuat mereka paling bahagia dalam hidup.

Sekitar 49 persen responden mengatakan bahwa mereka merasa lebih bahagia saat merencanakan pergi liburan dibanding merencanakan pernikahan. Hampir dari setengah orang yang diwawancara mengungkapkan bahwa perasaan bahagia saat kencan dengan pasangan tak membuat mereka bahagia-bahagia amat.

Sekitar 45 persen menyatakan bahwa bertunangan dengan kekasih ternyata tak memberi mereka banyak dorongan emosional positif seperti sat liburan. Tak cuma itu, penelitian ternyata menyebutkan bahwa 29 persen responden mengungkapkan, pergi traveling jauh lebih membahagiakan dibanding punya anak.

Mengutip Brightside, berikut beberapa alasannya.

1. Traveling memberi Anda kebahagiaan instan
Penelitian ini dilakukan dengan cara wawancara kepada 17 ribu orang di 17 ribu negara. Responden mengonfirmasi bahwa sangat sedikit hal yang bisa menggantikan bahagianya pergi liburan. Penelitian juga mengungkapkan bahwa 77 persen mengatakan bahwa mereka memesan liburan ketika mereka perlu mencerahkan suasana hati.

2. Membeli barang tak bisa beri rasa bahagia yang tinggi
Studi menyebut bahwa manusia saat ini ternyata lebih menghargai punya pengalaman baru dibanding punya materi baru atau barang baru. Sekitar 70 persen responden mengatakan bahwa pergi liburan bisa memberi mereka kepuasan dalam tingkat tinggi jauh dibandingkan kebahagiaan yang mereka dapat dari membeli barang.

Sekitar 56 persen responden lebih memilih untuk berlibur dibanding membeli pakaian atau gadget baru. Sedangkan 48 persen lainnya menunda perbaikan rumah demi bisa liburan ke tempat-tempat baru.

3. Merencanakan liburan meningkatkan kebahagiaan emosional
Sekitar 72 persen responden mengaku, merencanakan liburan bisa membuat mereka lebih bahagia. Sekitar 80 persen lainnya merasa lebih bersemangat ketika hanya melihat peta dan memilih tempat yang bakal dikunjungi.

Namun tak ada yang bisa mengalahkan perasaan bahagia saat membayangkan akan pergi belanja untuk liburan. Lebih dari separuh responden mengklaim bahwa mereka membeli pakaian untuk liburan adalah salah satu hal yang paling menyenangkan.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha