Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Wacana Pemilihan Presiden Dikembalikan ke MPR akan Dikaji Mendalam
Oleh : Irawan
Selasa | 08-10-2019 | 15:52 WIB
bamsoet_mpr2.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Ketua DPR Bambang Soesatyo

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Wacana Pemilihan Presiden (Pilpres) dipilih kembali oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), bukan Pemilihan Presiden secara langsung. Hal ini mencuat kembali melalui upaya amandemen Undang-Undang Dasar 1945.

Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengaku belum bisa berkomentar terkait hal itu. "Saya belum bisa menyatakan, kan belum ada surveinya," kata Bamsoet, Selasa (8/10/2019) di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta.

Menurutnya perlu ada kajian yang mendalam menanggapi wacana tersebut. Jangan sampai katanya, wacana tersebut justru menjadi kemunduran bagi demokrasi Indonesia saat ini. Dirinya sendiri mengaku belum mengkaji terkait hal itu.

"Jadi tidak bisa disampaikan, ini bukan kepentingan pribadi atau kehendak pribadi. Tapi saya harus sampaikan ini kehendak daripada masyarakat," ujarnya.

Ia memahami bahwa wacana tersebut bakal menimbulkan pro-kontra di tengah masyarakat. Namun, menurutnya yang perlu dipertimbangkan adalah manfaat dari pemilihan langsung tersebut.

"Yang kita terjemahkan apakah pemilihan langsung baik presiden maupun pilkada itu memberikan dampak positif, memberikan banyak manfaat atau mudaratnya, itu yang perlu dipertimbangkan," tutur politikus Partai Golkar itu.

Editor: Surya