Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

10 Jenis Kain Ini Bikin Adem di Kulit, Cocok untuk Cuaca Panas
Oleh : Redaksi
Senin | 07-10-2019 | 09:28 WIB
ilustrasi-pakaian-adem.jpg Honda-Batam
Ilustrasi. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Cuaca panas membuat tubuh jadi mudah gerah. Produksi keringat meningkat, sehingga rawan menyebabkan bau badan. Bagaimana cara untuk mengatasi masalah ini?

Salah satu cara yang bisa Anda coba adalah menggunakan baju-baju yang sejuk. Setidaknya, kain bahan yang digunakan harus terasa dingin di kulit dan mudah menyerap keringat.

Berikut ini beberapa jenis kain bahan yang ringan dan terasa sejuk di kulit.

Chambray

Kalau Anda tak bisa meninggalkan jeans bahkan di saat cuaca panas, setidaknya cobalah untuk beralih ke bahan chambray. Jenis kain ini kadang juga disebut soft jeans. Menurut artikel lansiran ELLE, chambray adalah sejenis denim, namun lebih tipis dan ringan.

Linen

Kain linen dibuat dari tenunan serat rami. Biasanya digunakan sebagai bahan seprai, karena cukup sejuk dan mampu menyerap keringat dengan baik. Anda bisa memilih pakaian dengan bahan linen berkualitas yang lebih halus daripada linen biasa.

Cotton Combed

Menurut artikel lansiran Olympics 30, cotton combed adalah jenis kain katun yang dibuat dari serat kapas murni. Biasanya digunakan untuk produksi kaus-kaus keluaran distro.

Jenis kain yang satu ini memiliki tekstur halus, dingin, dan sangat mudah menyerap keringat. Jadi memang ideal untuk bahan sandang di negara-negara beriklim tropis seperti Indonesia.

Jersey

Artikel di sebuah situs jual beli bernama Bukalapak Review merekomendasikan kain jersey untuk bahan pakaian saat cuaca panas. Kain ini memiliki tekstur licin, mengilap, dan jatuh di badan.

Bahannya cenderung tipis dan agak transparan. Selain itu mudah kusut pula. Namun kainnya sendiri memang terasa dingin di kulit dan mudah menyerap keringat.

Katun Jepang

Menurut artikel lansiran Gulalives, katun jepang biasa digunakan sebagai bahan mukena karena ringan dan sejuk. Kain ini mempunyai daya serap yang baik, sehingga cocok dijadikan bahan pakaian di musim kemarau. Selain itu, kain katun jepang juga lebih berkualitas daripada katun biasa, sehingga tidak mudah luntur meskipun dicuci berkali-kali.

Katun Silk

Kain ini memadukan sejuknya katun dan kelembutan sutra. Kerap digunakan untuk bahan pakaian maupun mukena, karena sejuk di kulit.

Katun Paris

Katun paris memiliki penampilan yang mirip dengan katun jepang. Terasa sejuk di kulit dan mudah menyerap keringat, namun sedikit lebih tipis daripada katun jepang.

Katun Rayon

Kain katun rayon sedikit mirip dengan kaus, tetapi lebih jatuh dan sejuk.

Sutra

Termasuk kain berkualitas tinggi, sutra terjamin kelembutan dan kesejukannya saat dikenakan. Namun harganya memang lebih mahal daripada kain jenis lain.

Viscose

Meskipun tidak semahal sutra, kain viscose juga berkualitas tinggi. Terasa sejuk, mudah menyerap keringat, dan terlihat mewah pula.

Itulah jenis-jenis kain yang cocok untuk bahan pakaian saat cuaca panas.

Sumber: merdeka.com
Editor: Chandra