Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Konser David Foster Padukan Musik, Batik dan Candi Prambanan
Oleh : Redaksi
Sabtu | 05-10-2019 | 14:16 WIB
david-foster1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

David Foster saat menggelar konser di Yogyakarta. (Foto: TEMPO/Handwahyu)

BATAMTODAY.COM, Yogyakarta - Komposer dan penyanyi asal Kanada, David Foster akan tampil di kawasan Candi Prambanan, Sabtu malam, 5 Oktober 2019. Dia mengajak sejumlah musikus dan penyanyi dunia dalam Batik Music Festival.

Dari dalam negeri, ada Yovie Widianto yang akan tampil dengan komposisi lengkap dan mengajak para penyanyi kondang. Antara lain Bunga Citra Lestari, Raisa, Marcell, Rio Febrian, dan penyanyi lain.

Uniknya, semua penyanyi dan musikus yang tampil wajib mengenakan batik. Konser ini digelar sekaligus memperingati hari Batik setiap 2 Oktober. Perpaduan antara mahakarya musik, batik, dan Candi Prambanan membuat acara ini sangat menarik dan tak bisa didapatkan di tempat lain.

“Perpaduan tiga mahakarya, musik, batik dan Candi Prambanan menjadikan nuansa yang istimewa. Semua pemain musik dan penyanyi juga panitia memakai pakaian batik, dresscode penonton juga pakaian batik,” kata Anas Syahrul Alimi, promotor musik Rajawali Indonesia, Jumat malam, 4 Oktober 2019.

Batik, kata dia, sebagai salah satu warisan budaya nenek moyang bangsa Indonesia ditetapkan oleh UNESCO sebagai Masterpiece of the Oral and Intangible Heritage of Humanity, atau Karya Agung Warisan Budaya Lisan dan Non Bendawi Manusia. Sejak itu, setiap tahun Indonesia memperingati Hari Batik Nasional.

Untuk memeriahkan momentum bersejarah tersebut, Rajawali Indonesia bersama PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko menginisiasi sebuah pergelaran bernama Batik Music Festival yang bertaraf internasional ini.

“Festival ini merupakan sebuah bentuk apresiasi nyata akan warisan nenek moyang masih terjaga sampai sekarang, yaitu batik," kata Anas Syahrul. "Batik memang sudah sangat tersohor ke banyak negeri. Ditambah kolaborasi dari tiga mahakarya ini akan menjadi cara yang sangat tepat untuk mempromosikan batik secara lebih luas lagi melalui sebuah gelaran musik."

Selain David Foster, ada juga Kenny “Babyface” Edmonds, Katharine McPhee, Pia Toscano, Yuna, dan Nick Zavior yang meramaikan konser ini. Sedangkan Yovie Widianto, mengajak Kahitna, Bunga Citra Lestari, Raisa, Marcell, Rio Febrian, 5 Romeo, dan Arsy Widianto.

Direktur Utama Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko, Edy Setijono selaku Co Promotor Batik Music Festival menambahkan, musik adalah cara yang paling cair untuk lebih memperkenalkan warisan budaya kepada masyarakat yang lebih luas. "Musik mampu menggiring masyarakat untuk belajar dan memahami lebih dalam tentang adanya batik dan situs bersejarah yang membanggakan," katanya.

“Mungkin ini akan menjadi momen pertama di mana Candi Prambanan akan diserbu oleh ribuan orang yang menggunakan batik,” kata Edy Setijono.

David Foster yang sudah sering pentas di Indonesia sejak 1991 ini mengajak Katharine McPhee. Katharine adalah finalis American Idol dan kini menjadi istrinya. "Saya pentas di Indonesia pertama kali 1991 bersama Adi (Adi MS). Saya senang akan tampil di Candi Prambanan," kata David Foster.

"Saya baru pertama kali datang ke Indonesia dan Yogyakarta. Saya sangat senang berada disini," sambut Katharine McPhee. Kenny “Babyface” Edmonds juga menyatakan senang dengan baju batik yang akan ia kenakan saat pentas. “Batik is very cool, “ katanya.

Sumber: Tempo.co
Editor: Dardani