Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Disnaker Lingga Bakal Adakan Pelayanan Tenaga Kerja Berbasis Teknologi Informasi
Oleh : Wandy
Sabtu | 05-10-2019 | 11:40 WIB
aang-lingga.jpg Honda-Batam
Kadisnaker Lingga, Aang Abubakar. (Foto: Wandy)

BATAMTODAY.COM, Lingga - Dinas Tenaga Kerja Koperasi UKM dan Perindustrian Kabupaten Lingga akan mengadakan pelayanan tenaga kerja berbasis teknologi informasi.

Kadisnaker Kabupaten Lingga, Aang Abubakar mengatakan, pembangunan ketenagakerjaan merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan pembangunan nasional secara keseluruhan.

Dalam melakukan pembangunan ketenagakerjaan memiliki dimensi yang berkaitan dengan pelaksanaan kegiatan pembinaan dan pendayagunaan angkatan kerja serta perlindungan dan kesejahteraan. "Maka mekanisme pembangunan ketenagakerjaan mempunyai sifat yang sangat inklusif karena melibatkan banyak pihak baik lembaga pemerintah, swasta maupun masyarakat," kata Aang, Jumat (4/10/2019).

Menurut dia, berdasarkan pasal 4 undang-undang nomor 13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan bahwa, pembangunan ketenagakerjaan bertujuan untuk memberdayakan dan mendayagunakan tenaga kerja secara optimal dan manusiawi.

"Sehigga dalam mewujudkan pemerataan kesempatan kerja serta penyediaan tenaga kerja harus disesuaikan dengan kebutuhan pembangunan nasional dan daerah. Agar perlindungan kepada tenaga kerja dalam mewujudkan kesejahteraan tenaga kerja dan keluarga dapat tercapai," ujarnya.

Di samping itu, pembangunan ketenagakerjaan diperlukan perencanaan tenaga kerja yang terarah dan berkesinambungan serta peningkatan kualitas pelayanan. "Hal tersebut juga tertuang dalam pasal 7 ayat (3) UU nomor 13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan bahwa penyusunan kebijakan, strategi dan program pembangunan ketenagakerjaan yang berkesinambungan, pemerintah harus berpedoman pada perencanaan tenaga kerja dan peningkatan kualitas pelayanan," bebernya.

Editor: Gokli