Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Massa Buruh di Batam Gelar Aksi Usai Sholat Dzhuhur
Oleh : Nando Sirait
Rabu | 02-10-2019 | 13:04 WIB
jelang-aksi-10.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Massa buruh di Batam jelang menyampaikan aspirasi kepada pemerintah. (Foto: Nando Sirait)

BATAMTODAY.COM, Batam - Ribuan massa pekerja yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Metal (FSPMI), tiba di kawasan Batam Center, Rabu (02/10/2019) siang pukul 12.00 WIB.

Pantauan di lokasi, massa aksi tiba dengan berjalan kaki dari titik kumpul di kawasan Panbil, dengan didampingi oleh Kapolresta Barelang, AKBP Prasetyo Rachmat Purboyo.

Salah satu perwakilan FSPMI, Gusril menjelaskan adanya pendampingan yang dilakukan oleh Kapolresta Barelang, mulai dari simpang lampu merah Kepri Mall, Batam Center.

"Pak Kapolres tadi mendampingi kami dari simpang Kepri Mall mas," tuturnya.

Sementara itu, setelah tiba di kawasan Batam Center massa aksi tampak berhenti di Gerbang Selatan Dataran Engku Puteri. Sembari menunggu anggota FSPMI yang melalukan Salat Dzuhur.

Gusril menegaskan adanya rombongan ini berasal dari Mukakuning, Batuampar, Tanjunguncang dan Batam Center. "Sebagian masih pada sholat, dan sebagian tengah beristirahat sambil makan siang dulu. Kalau rombongan yang Tanjung Uncang baru datang. Selesai sholat kami lanjutkan perjalanan ke Depan Kantor Wali Kota Batam," lanjutnya.

Diakuinya, aksi ini di atas 1.000-an orang. Dan ini aksi serentak di 10 provinsi 25 kota dan kabupaten. Untuk menyampaikan aspirasi kepada pemerintah.

Adapun beberapa tuntutan mereka, di antaranya: Tolak kenaikan iuran BPJS Kesehatan; Tolak revisi UU nomor 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan; Revisi PP nomor 78 tahun 2015 tentang pengupahan.

Editor: Gokli