Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bakal Demo di Kantor Wali Kota Batam, Ratusan Buruh Mulai Bergerak dari Mukakuning
Oleh : Redaksi
Rabu | 02-10-2019 | 10:28 WIB
buruh-demo-10.jpg Honda-Batam
Ratusan buruh bergerak dari Mukakuning menuju Kantor Wali Kota Batam di Batam Center. (Foto: Pascal RH)

BATAMTODAY.COM, Batam - Ratusan buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Batam, hari ini, Rabu (2/10/2019) akan melakukan aksi unjuk rasa di Kantor Wali Kota Batam.

Sebelum melakukan aksinya, ratusan buruh ini berkumpul di Mukakuning, tepatnya di depan Halte Panbil Mall. Pantauan di lokasi, para buruh ini berkumpul sejak pukul 09.00 WIB, selanjutnya melakukan long march menuju Kantor Wali Kota di Jalan Engku Putri, Batam Center untuk menyampaikan aspirasinya.

"Kita masih menunggu rekan-rekan anggota FSPMI dari kawasan industri Batamindo, Panbil, Tanjunguncang, dan kawasan lainya. Nantinya akan bersama-sama berangkat menuju Kantor Wali Kota Batam," ujar Yoseph, salah seorang anggota Garda Metal.

Untuk menjaga keamanan serta ketertiban lalulintas, tampak puluhan anggota kepolisian dari Sabhara, Patwal, Intel, terlihat sudah bersiaga melakukan pengawalan terhadap buruh pada saat melakukan long march menuju kantor Wali Kota Batam.

Terkait aksi ini, Panglima Garda Metal FSPMI Batam, Suprapto mengatakan, ada beberapa tuntutan yang akan disampaikan kepada pemerintah. :Dalam aksi ini, setidaknya ada tiga isu nasional yang kita sampaikan kepada Wali Kota Batam," kata Suprapto.

Tiga isu yang akan disampaikan itu, antara lain, menolak revisi UU nomor 13 tahun 2013, yang dinilai tidak berpihak kepada kaum buruh; menagih janji Presiden Joko Widodo untuk merevisi PP 78 tahun 2015, sebab PP tersebut mengekang kebebasan para buruh untuk menentukan upah buruh di setiap wilayah; serta menolak kenaikan iuran BPJS Kesehatan.

Dengan adanya ratusan buruh yang berkumpul di Halte Panbil Mall, arus lalu lintas dari Batuaji menuju Batam Center terlihat mulai mengalami kemacetan yang cukup parah.

Hingga berita ini dipublis, ratusan masa buruh sudah mulai bergerak dari Mukakuning untuk menuju Batam Center, tepatnya di Kantor Wali Kota Batam.

Editor: Gokli