Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jadi Anggota DPR, Yasonna Janji Tuntaskan Pembahasan RKUHP
Oleh : Irawan
Selasa | 01-10-2019 | 15:52 WIB
yasonna2.jpg Honda-Batam
Anggota DPR dari PDIP Yasonna H Laoly (kiri) dan Puan Maharanii (kanan)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Mantan Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly yang kini menjadi Anggota DPR RI Periode 2019-2024 dari PDIP bertekad akan menuntaskan pembahasan revisi Rancangan Kitab Umum Hukum Pidana (RKUHP) yang telah di carry over atau dilimpahkan oleh DPR periode sebelumnya. Tak hanya RKUHP, Yasonna juga berjanji menyelesaikan pembahasannya RUU lainnya yang juga tertunda.

"Ya pokonya diselesaikan secara paripurna," ujar Yasonna usai di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10/2019).

Dalam periode 2014-2019, meski menjabat sebagai Menteri Hukum dan HAM, Yasonna tak lepas dalam proses legislasi DPR RI. Yasonna kerap menjadi perwakilan dari pihak pemerintah eksekutif saat melakukan pembahasan rancangan undang-undang dengan DPR.

Yasonna memiliki andil dalam sejumlah rancangan undang-undang yang akhirnya ditunda, misalnya Rancangan Kitab Undang-undang Hukum Pidana (RKUHP) dan RUU Pemasyarakatan yang dinilai bermasalah. Yasonna pun berniat melanjutkan yang sempat tertunda.

Untuk periode 2019 - 2024, Yasonna mengaku belum mengetahui di komisi mana dirinya akan ditempatkan. Namun, sebelum dipilih sebagai Menkumham, ia terbiasa ditempatkan di Komisi III Hukum dan HAM dan Keamanan.

Yasonna bukan pula orang baru di Parlemen. Pada 2009 - 2014, ia sudah duduk di parlemen. Pada 2014, ia kembali dipilih, namun ditarik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk membantunya sebagai Menteri Hukum dan HAM. Kembali menjadi anggota dewan pun membuat Yasonna merasa pulang kembali.

"Ya mulai hari ini saya menjadi anggota dewan perwakilan rakyat RI anggota MPR sudah dilantik merasa kembali ke khittoh, kembali ke asal ya sebagai anggota parlemen mudah-mudan bisa amanah meneruskan pekerjaan," kata Yasonna.

Editor: Surya