Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Prabowo Tunjuk Sufmi Dasco-Ahmad Muzani sebagai Pimpinan DPR dan Pimpinan MPR
Oleh : Irawan
Senin | 30-09-2019 | 15:40 WIB
dasco_muzani.jpg Honda-Batam
Sufmi Dasco Ahmad dan Ahmad Muzani

BATAMTODAYY.COM, Jakarta - Partai Gerindra tidak lagi mengusulkan lagi Fadli Zon sebagai Wakil Ketua DPR Periode 2019-2024. Posisinya sebagai Wakil Ketua DPR digantikan oleh Sufmi Dasco Ahmad. Sementara Ahmad Muzani tetap dicalonkan sebagai Wakil Ketua MPR Periode 2019-2024.

"Sebagai Ketua Dewan Pembina dan Ketua Umum, Pak Prabowo (Subianto) sudah menandatangani dua SK (surat keputusan). Pertama adalah calon Wakil Ketua DPR, Pak Prabowo menunjuk Saudara Sufmi Dasco Ahmad sebagai calon Wakil Ketua DPR dan sebagai calon pimpinan MPR Pak Prabowo menunjuk Ahmad Muzani menjadi calon pimpinan MPR," kata Muzani di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (30/9/2019).

Sufmi Dasco dianggap sebagai salah satu orang yang berpengalaman di Partai Gerindra dalam dunia politik Indonesia. Selain itu, ada upaya rotasi kepemimpinan yang dilakukan Partai Gerindra. Sehingga Prabowo tak lagi menunjuk Fadli Zon.

"Pergiliran kepemimpinan dalam partai itu juga penting, sehingga ada regenerasi dalam kepemimpinan legislatif karena kita adalah partai yang berada di luar pemerintahan," ujar Muzani.
Fadli Zon sendiri disebut telah mendapatkan tugas baru dari Prabowo. Namun, ia enggan menjelaskan peran baru yang akan diberikan pada Wakil Ketua DPR periode 2014-2019 itu.
"Pak Fadli nanti akan ada, Pak Fadli akan mendapat tugas-tugas baru yang sudah disampaikan Pak Prabowo ketika keduanya bertemu," ujar Ahmad.

Sementara itu untuk kursi Ketua MPR periode 2019-2024, Partai Gerindra mengusung nama Ahmad Muzani. Wakil Sekretaris Jenderal DPP Partai Gerindra, Andre Rosiade menegaskan, partainya pantas pantas meraih posisi tersebut, karena mendapat suara terbanyak kedua di Pemilu 2019.

Menurut dia, suara Gerindra lebih besar dari Partai Golkar yang juga berkeinginan untuk mendapat posisi ketua MPR. Nanti, partainya akan berdiskusi lagi dengan fraksi-fraksi lain serta kelompok DPD RI untuk menyampaikan calonnya sebagai Ketua MPR RI 2019-2024.

"Gerindra punya calon Pimpinan MPR RI, namanya Ahmad Muzani. Insya Allah kami akan berjuang sekuat tenaga untuk mewujudkan pimpinan MPR dari Gerindra," ujar Andre.

Editor: Surya