Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

MPR Sahkan Tatib Pimpinan MPR Jadi 10 Orang
Oleh : Irawan
Jum\'at | 27-09-2019 | 15:40 WIB
sidang-mpr_akhir_jabatan.jpg Honda-Batam
Sidang akhir masa jabatan MPR

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) menggelar sidang paripurna akhir masa jabatan periode 2014-2019 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (27/9/2019). Sidang paripurna MPR tersebut sempat diskors karena belum mencapai kuorum.

Namun, sidang kemudian dibuka langsung oleh Ketua MPR, Zulkifli Hasan. "Dengan ini sidang dibuka dan terbuka untuk umum," ucap Zulkifli.

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) yang karib disapa Zulhas itu menjelaskan, agenda sidang akhir masa jabatan MPR periode 2014-2019 yakni mengesahkan tata tertib soal pemilihan pimpinan MPR.

"Jadi sidang terakhir untuk mengesahkan, pertama tatib MPR pimpiman dari 8 jadi 10, nanti harus disahkan di paripurna," ungkapnya.

Agenda selanjutnya yakni pembacaan rekomendasi dari MPR periode saat ini kepada MPR periode selanjutnya, khususnya mengenai perlunya Indonesia memiliki model Garis Besar Haluan Negara (GBHN).

"Walaupun dengan tiga catatan dari Golkar, Demokrat dan PKS. Kalau tidak bisa Tap (MPR) ya harus Undang-undang," ucap Zulhas.

"(Agenda) ketiga menyampaikan kinerja MPR periode 2014-2019," sambungnya.

Zulhas menuturkan pihaknya belum menyiapkan nama calon Ketua MPR untuk periode berikutnya. Sebab, fraksi parpol di MPR akan bermusyawarah-mufakat terlebih dahulu.

Pada kesempatan itu, Zulhas mengucapkan terima kasih kepada lembaga negara yang telah mendukung kinerja MPR masa jabatan 2014-2019. Zulkifli menyampaikan terima kasih secara khusus kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Lembaga-lembaga negara, khususnya kepada Presiden Republik Indonesia Bapak Ir H Joko Widodo, yang selalu menyatakan kesediaannya untuk menghadiri sidang tahunan MPR sehingga menjadi konvensi ketatanegaraan yang perlu terus dipertahankan," kata Zulkifli.

"Lima tahun berturut-turut beliau hadir, oleh karena itu kami mengucapkan terima kasih. Tepuk tangan untuk Pak Jokowi," imbuhnya.

Selain itu, Zulkifli mengucapkan selamat kepada anggota MPR yang nanti akan menjabat pada periode 2019-2024. Ia berharap anggota MPR dapat menjalankan tugas dengan baik.

"Kepada anggota MPR yang baru yang akan mengucapkan sumpah janji pada tanggal 1 Oktober mendatang, kami mengucapkan selamat datang dan kiranya dapat terus meningkatkan kualitas pelaksanaan wewenang dan tugas konstitusionalnya serta dapat menuntaskan rekomendasi MPR masa jabatan 2014-2019," tuturnya.

Editor: Surya