PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ditinggal Sebentar, Lahan Kosong di Marina Terbakar
Oleh : Hendra Mahyudi
Kamis | 19-09-2019 | 17:30 WIB
lahan-terbakar11.jpg honda-batam
Kebakaran lahan di Marina. (Foto: Hendra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kebakaran terjadi di lahan kosong di kawasan Waterfront, Marina City, Sekupang, Kamis (19/9/2019) siang ini, yang hendak dibikin menjadi kebun.

Dalam sekejap api cepat membakar lahan kosong yang terdiri dari tanah gambut dan rerumputan berjenis ilalang. Ditambah lagi cuaca panas dengan angin yang bertiup kencang semakin membuat api mudah berkobar.

Di lokasi kejadian siang ini, petugas pemadam kebakaran dari Tim Manggala Agni telah turun ke lapangan memadamkan api yang semakin berkobar menuju perumahan warga Marina City.

Tak hanya itu, petugas kepolisian Polsek Sekupang juga turut hadir ke lokasi kebakaran, yang langsung dipimpin oleh Kapolsek, Kompol Oji Fahroji dan Kanit Reskrim, Ida Pol Thetio Nardiyanto.

Oji menyangkan ulah petani lahan tersebut yang membuka lahan dengan cara membakar sementara situasi cuaca Batam yang sedang panas dan juga dikerubungi asap kiriman dari Sumatera.

"Ada-adan aja ini kerjaan warga, membakar di area lahan dan malah menjadi besar kayak gini," ujar Oji.

Sementara itu, Jatmiko selaku pemilik lahan mengatakan bahwa lahan tersebut ia sewa dari salah seorang warga yang tinggal di kawasan Dapur-12. Dia menyewa lahan per tahun ia Rp 2 juta. Ia menyewa lahan itu pun karena sebelumnya lahan miliknya telah kena gusur.

"Ini baru kena gusur habis lebaran saya buka lahan di sini," ujarnya singkat.

Ia menjelaskan, terbakarnya lahan tersebut hanya untuk membuat pondok tempat istirahat.

"Jadi saya bakar sekeliling, dan saya matiin ketika telah selesai. Saya kira udah mati karena telah disiram sekeliling, dan kemudian saya tinggal lokasi ini untuk makan pulang, dan balik-balik udah kebakaran kayak gini," terangnya.

Hingga saat ini, kebakaran yang terjadi sedari pukul 13:00 WIB siang ini pihak kepolisian bersama tim pemadam kebakaran masih berjibaku memadamkan api yang meluas karena terbawa angin.

Editor: Yudha