PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kapolres Bintan Sebut Kasus Karhutla di Bintan Karena Kelalaian
Oleh : Harjo
Selasa | 17-09-2019 | 19:04 WIB
AKBP-Boy-Herlambang1.jpg honda-batam
Kapolres Bintan AKBP Boy Herlambang. (Dok batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Beberapa kasus kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang ditangani Polres Bintan, sebagian besar dipicu karena kelalaian masyarakat.

Kapolres Bintan, AKBP Boy Herlambang kepada BATAMTODAY.COM di Mapolres Bintan mengatakan, terkait beberapa kasus Karhutla yang ada di Bintan, memang sebagian besar karena faktor kelalaian masyarakat.

Sebagian besar akibat membuka lahan dan membakar lahan sendiri untuk berkebun. Tetapi api justru sampai membakar lahan milik orang lain. "Sehingga, akibat kerugian tersebut, mengantarkan para pelaku harus mempertangungjawabkannya secara hukum," ujar Boy, Selasa (17/9/2019)

Saat ini cuaca yang semakin kurang baik akibat kiriman dari Sumatera dan Kalimantan. Sebagai bentuk antisipasi agar masyarakat tidak terkena dampak kabut asap seperti penyakit Ispa, pihaknya bersama Dinas Kesehatan Bintan serta instansi lainnya, sudah membangun sejumlah posko penanggulangan kabut asap yang tersebar di seluruh Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM).

"Kalau kabut asap, jelas itu kiriman dari Sumatera dan Kalimantan. Semua instansi yang terkait terus melakukan pantauan perkembangan dari kabut asap di Bintan khususnya dan umumnya," imbuhnya.

Editor: Chandra