Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dalam Pemberantasan Korupsi, Firli Merasa Tak Punya Musuh di KPK
Oleh : Redaksi
Minggu | 15-09-2019 | 14:32 WIB
Firli_bahuri.jpg Honda-Batam
Ketua KPK Periode 2019-2023 Irjen Pol Firli Bahuri

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2019-2023, Firli Bahuri, merasa tak punya musuh dalam melakukan upaya pemberantasan korupsi. Ia mengaku, semua yang ada di KPK merupakan koleganya, termasuk para Pimpinan KPK sekarang.

"Saya tidak ada musuh, semua teman untuk bekerja secara profesional," ujar Firli, Minggu (15//2019).

Ia mengatakan, semua pihak yang ada di KPK memiliki tujuan yang sama, yakni pemberantasan tindak pidana korupsi. Menurut Firli, pada saat uji kelayakan dan kepatutan ia telah menyampaikan, dalam mencapai tujuan itu ia akan selalu mengutamakan kebersamaan.

"Jangan ditanyakan dari mana asal-usulmu, tapi yang perlu diingat apa yang Anda, kita, lakukan. Saya berpendapat dan saya sampaikan di Komisi III, I don't have enemy, all is my friend. All my colleague," terangnya.

Sebelumnya, jenderal polisi berpangkat Inspektur Jenderal itu terpilih sebagai Ketua KPK periode 2019 - 2023. Firli dipilih melalui proses musyawarah pimpinan Komisi III DPR RI setelah voting Komisioner KPK, Jumat (23/9/2019) dini hari.

Ketua Komisi III DPR RI Azis Syamsuddin mengumumkan, bahwa Firli berdasarkan kesepakatan bersama terpilih sebagai Ketua lembaga antirasuah tersebut. "Bisa disepakati?" ujar Aziz, Jumat.

Ucapan Azis pun disambut teriakan 'Setuju' anggota Komisi III DPR RI yang hadir. Sementara, empat orang lainnya yang terpilih menjadi wakil ketua KPK atau Komisioner KPK.

Dalam pemungutan suara sendiri, Firli menyapu bersih seluruh 56 suara. Lima puluh enam suara merupakan suara maksimal yang bisa didapatkan oleh calon pimpinan KPK.

Sumber: Republika.co.id
Editor: Surya