PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dishub Natuna Gelar Bersih Sampah di Laut Penagih
Oleh : Kalit
Kamis | 12-09-2019 | 14:40 WIB
bersihkan-pantai-natuna.jpg honda-batam
Dishub Natuna bersama TNI-Polri menggelar aksi bersih sampah di Laut Penagih. (Foto: Kalit)

BATAMTODAY.COM, Natuna - Paska kebakaran 5 unit rumah di kawasan Penagih beberapa waktu lalu menimbulkan tumpukan sampah di sekitar laut wilayah kawasan Dinas Perhubungan Kabupaten Natuna, Kamis (12/9/2019) pagi hari.

Kepala Dishub Nauna, Iskandar DJ menginisiasi aksi bersih bersih bersama gabungan instansi lainya dan dukungan masyarakat berhasil mengumpulkan tumpukan sampah laut dan sisa puing puing bangunan terbakar hampir mencapai puluhan ton.

"Ini sampah akibat sisa puing rumah terbakar kemarin di penagih, kita ingin sampah tidak ada lagi di sepanjang pinggir laut penagih." ujar Iskandar di lokasi kepada BATAMTODAY.COM.

Aksi bersih sampah ini mendapat dukungan dari TNI-Polri, Basarnas BMKG Natuna, Bandara RSA dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Natuna dan masyarakat Penagih. "Dengan semangat gotong royong kita pasti lebih mudah mengerjakannya" ujar Iskandar.

Dikatakan Iskandar, sinergitas TNI-Polri dan pemerintah serta masyarakat harus tetap terjalin, kita harus mempunyai tangung jawab bersama dalam menjaga kebersihan laut Natuna.

Pantauan BATAMTODAY.COM, Kepala Bandara RSA Natuna, Suroso bersama Kapolsek Bunguran Timur, Kompol M.Sibarani, Kasatpolair Natuna dan para perwira dari gabungan TNI-Polri juga ikut serta dalam aksi bersih disekitar pantai Penagih.

Dalam waktu 3 jam, sampah dari laut dapat diambil dan dibuang dengan menggunakan truk sampah dan mobil pick up PolAir Polres Natuna dan Dishub ke pembuangan sampah akhir.

Dalam moment itu juga, Iskandar membuat spanduk bertuliskan, "Mari jaga dan lestarikan laut kita" dan "Song yau....usah buang sampah kat laut" serta mengajak masyarakat untuk berkampanye untuk tidak membuang sampah di Laut dan selalu menjaga kebersihannya.

Dalam hal ini, Kodim 0318/Natuna juga mengelar spanduk Karya Bakti dalam rangka peringatan HUT TNI ke 74 Tahun.

Hal bersama pun berlangsung saat ratusan pengiat bersih sampah ini menikmati jamuan makanan bubur kacang hijau dan minumam oleh Dishub Natuna.

Editor: Dardani