Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Angka Pencari Kerja di Batam Per Tahun Capai 40 Ribu Orang
Oleh : Hendra Mahyudi
Rabu | 11-09-2019 | 19:05 WIB
pencaker-batamindo112.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Pencari kerja di Kawasan Batamindo. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kepala Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Batam, Rudi Sakyakirti mengungkapkan setiap tahun sebanyak 40 ribu lebih pencari kerja di Kota Batam. Namun hanya 25 ribu orang yang berhasil mendapatkan kerja.

"Jika dirata-ratakan dari 40 ribu pencaker itu paling 25 ribu orang yang berhasil ditempatkan (bekerja)," ujar Rudi Sakyakirti di Aula MPH Batamindo Industrial Park, Selasa (10/9/2019) kemarin.

Menurut Rudi,saat ini ada beberapa perusahaan yang menutup operasional di Batam. Namun juga ada perusahaan baru buka seperti PT Pegatron, PT Maruho Hatsujyo Batam, dan PT Simatelex Manufactory Batam.

"Juga mengenai pencaker ini, banyak bursa kerja sekarang dan untuk fresh graduate juga ada bursa kerja khusus (BKK) yang dilakukan SMK-SMK. Keunggulan BKK, perusahaan akan mencari yang sesuai dengan bidang atau yang sesuai standart mereka langsung ke sekolah," ujarnya.

Sementara itu untuk pencari kerja lainnya, Rudi menyarankan untuk lebih aktif ikut dalam ragam pelatihan keterampilan, baik yang diadakan pemerintah maupun swasta.

"Upgrade diri kita agar bisa bersaing dengan perkembangan zaman," pungkasnya.

Editor: Yudha