PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tersisa 30 Orang Peserta Tes Program Kerja Disnaker Batam ke Jepang
Oleh : Hendra Mahyudi
Rabu | 11-09-2019 | 14:40 WIB
rudi-skyakirti-0111.gif honda-batam
Kadisnaker Kkota Batam, Rudi Sakyakirti. (Foto: Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Program kerja ke Jepang yang diadakan oleh Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Batam telah masuk ke tahap tes kesehatan atau medical check up.

Demikian ungkap Kepala Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) kota Batam, Rudi Sakyakirti, Selasa (11/9/2019). Pada tahap seleksi program kerja ini, katanya, dari total 150 orang lebih pedaftar awal, kini hanya tersisa 30 orang lagi diproses tes terakhir.

"Dari 150 orang lebih pendaftar awal, dan kita lakukan tes terhadap mereka, kini tersisa 30 orang lagi untuk tes terakhir, kesehatan," ujar Rudi Sakyakitri, Selasa (10/9/2019) pagi di Aula MPH Batamindo Industrial Park.

Rudi menambahkan, beberapa tes yang membuat 150 orang lebih pendaftar di awal tereliminasi adalah pada test Kesamaptaan, kemudian test etika dan etitut calon pendaftar.

"Pada tes kesemaptaan, etika atau attitute calon peserta, karena ini guna berhubungan dengan budaya di Jepang juga," terangnya.

Hal lainnya, lanjut Rudi, jika nanti 30 orang tersebut lulus tes kesehayan, maka nantinya mereka akan dileskan terlebih dahulu di Jakarta, sebelum kemberangkatan mereka ke Jepang.

"Nanti akan dileskan bahasa Jepang dulu di Jakarta, sebelum mereka berangkat ke Jepang. Les sekitar 3 bulan di Jakarta, dan di Jepang selama 3 tahun," ujarnya.

Sementara itu, perihal tempat mereka magang, telah ada beberapa perusahaan yang akan menampung mereka sesuai denhan jurusan mereka masing-masing saat menempuh masa sekolah.

"Rata-rata kemarin semua fresh graduate, dan kita khususnya untuk pendaftar yang ber-KTP Batam," pungkasnya.

Editor: Dardani