PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Educity Iskandar Johor Malaysia Cetak Anak Asli Sungai Timun Jadi Atlet Renang
Oleh : Harjo
Sabtu | 07-09-2019 | 09:40 WIB
renang1.jpg honda-batam
Anak asli Sungai Timun, Johor l, saat melakukan latihan renang di stadion olahraga Educity Iskandar. (Harjo)

BATAMTODAY.COM, Johor Baru - Stadion olahraga Educity, Johor Baru, Malaysia, yang didalamnya dilengkapi fasiltas olahraga, termasuk di dalamnya kolam renang, menjadi salah satu tempat mencetak atlet olahraga cabang renang. Serta, dijadikan sebagai salah satu untuk mengangkat anak asli yang berasal dari Sungai Timun Johor Baru.

Demikian disampaikan Pimpinan Ezy Swimming Academy, Low Xue Ting, kepada BATAMTODAY.COM, saat berkunjung ke stadion olahraga Uducity di Johor Baru, Malaysia, usai mengikuti konferensi pendidikan bersama yang digelar di ruang Newcastle University Medine (NUMed) Malaysia, Jumat (6/9/2019).

"Program mengajarkan berenang khusus untuk anak, dan meningkatkan kemampuan serta mencetak atlet renang yang handal. Karena, sebagian besar anak sudah memiliki keahlian berenang tradisional, sehingga diajarkan pola renang yang profesional sejak dini, sekaligus mencari atlet renang berbakat sejak dini," terangnya.

Hal tersebut ditambahkan Elin Chu dari Club Diamond Heard Chartitable. Program melatih anak asli untuk menjadikan atlet sedang dilakukan sejak pertengahan Juli 2019 lalu. Ini menjadi salah satu dukungan dari Educity Iskandar Johor, untuk memberikan edukasi terhadap anak.

Hingga saat ini, sudah ada sebanyak 34 anak yang memang berasal dari anak asli, yang dibina di stadion olahraga Educity Iskandar. Setiap hari jumat diberikan waktu selama satu jam untuk berlatih dengan tenaga pengajar yang sudah memiliki keahlian dibidang olahraga renang.

"Sebelumnya, kita menjemput langsung ke kediaman anak asli, dana dengan berjalannya waktu mereka sudah mulai datang sendiri, untuk mengikuti latihan renang ke stadion ini," terang Elin Chu.

Nantinya, kata Elin, dari 34 perenang yang berasal dari anak asli atau pribumi, pada tahap awal akan dipilih sebanyak 10 orang anak baik laki dan wanita, dan akan benar-benar dididik untuk olahraga renang ini, dengan harapan nantinya anak asli ini menjadi atlet renang profesional.

Editor: Chandra