PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Orangtua Hati-hati! Seorang Anak di Batuaji Nyaris Jadi Korban Penculikan
Oleh : Hendra Mahyudi
Kamis | 05-09-2019 | 09:40 WIB
dalimunthe.jpg honda-batam
Kapolsek Batuaji, Kompol Syafruddin Dalimunthe. (Hendra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Aksi percobaan penculikan anak di kawasan Kecamatan Batuaji nyaris terjadi. Diiming-imingi dengan permen, seorang anak sekolah dasar di SDN 002 Batam, Batuaji, Sabtu (31/8/2019) lalu, nyaris jadi korban penculikan.

Informasi yang diperoleh berawal dari seorang murid kelas I SD hendak pulang sekolah. Kebetulan ia tinggal tidak jauh di belakang tempat ia sekolah, tepatnya di perumahan Griya Prima, Batuaji.

Saban hari, ia sering pulang melewati jembatan penyeberangan di belakang sekolah tersebut karena dekat ke rumahnya. Namun pada Sabtu (31/8/2019) kemarin, tiba-tiba ada seorang pemuda langsung menghampirinya dan mengiming-imingi dengan perman.

Karena merasa janggal dan takut, sang anak langsung berlari pulang ke rumah. Kemudian anak tersebut menceritakan kepada orangtuanya, hingga orangtua mengabarkan pada pihak sekolah.

"Kata murid itu, ia ditawari permen tapi harus ke rumah om (pelaku) itu dulu sambil om (pelaku) tersebut tersenyum," ujar Linda, guru SDN 002.

Khawatir akan terjadi hal selanjutnya, pihak sekolah pun langsung menerbitkan lembar pemberitahuan kepada wali murid agar mengantarkan anak-anaknya sampai ke sekolah dan memastikan anak sudah masuk ke sekolah.

Kemudian juga menjemput hingga bertemu anak, serta menganjurkan memberikan nomor handpone yang bisa dihubungi segera ke wali kelas.

"Mendapat laporan itu, kami pun langsung membuat selebaran tersebut untuk antisipasi akan hal yang ditakuti itu," terangnya.

Pihak Kepolisian Batuaji yang mendengar kabar itu langsung turun ke sekolah, dan langsung melakukan penyelidikan serta menanyakan kejadian lengkap aksi percobaan penculikan tersebut.

Kapolsek Batuaji Kompol Syafruddin Dalimunthe menyarakan agar orangtua lebih memperhatikan anak-anaknya. Jika mengatahui adanya hal-hal yang aneh atau patut di curigai, silakan langsung lapor ke polisi

"Laporkan jika ada hal yang dicurigai, kami akan tindak secepatnya," tegas Dalimunthe, Kamis (5/9/2019) pagi.

Syafruddin juga melanjutkan, untuk kasus ini, pihak kepolisian belum bisa pastikan apakah percobaan penculikan atau tidak. Namun yang pastinya, orangtua harus tetap waspada "Anak harus selalu diantar dan dijemput, jangan dibiarkan sendiri," pungkasnya.

Editor: Chandra