Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kandaskan Milan, Barcelona Melaju ke Semifinal
Oleh : Redaksi/Mg
Rabu | 04-04-2012 | 10:01 WIB
Barca_vs_Milan.jpg Honda-Batam

Andreas Iniesta saat memperdaya kiper Abbiati untuk membawa Barcelona unggul 3-1. Foto:printscren

BARCELONA, batamtoday - Barcelona berhasil melaju ke babak semifinal Liga Champion usai mengkandaskan perlawanan AC Milan. Dalam pertandingan yang digelar dini hari tadi, Rabu(4/4/2012), skuad Pep Guardiola itu berhasil unggul 3-1. 

Beban harus lolos ke semifinal sebenarnya lebih berat dipikul Barcelona, apalagi pada leg pertama AC Milan berhasil menahan klub Catalan itu dengan skor 0-0. Artinya, jika AC Milan mampu membuat hasil seri dengan gol, 1-1 atau 2-2, maka tiket akan diambil oleh tim besutan Allegri itu. 

Namun dengan strategi racikan Pep Guardiola, beban berat yang dipikul anak-anak Catalan tak berarti apa-apa. Ditambah dengan dukungan penuh suporter yang memadati Camp Nou membawa semangat tersendiri bagi Messi dkk.

Babak pertama berlansung cukup sengit. Bahkan pada menit pertama, Barcelona sudah melakukan penetrasi ke jantung pertahanan Milan. Namun sayang peluang yang didapat Messi masih mampu digagalkan Abbiati. 

Memasuki menit ke-11, Messi yang beberapa kali merepotkan pertahanan Milan, terpaksa dijatuhkan Antonini. Wasit yang memimpin pertandingan pun lansung menunjuk titik putih. Messi yang menjadi eksekutor, tak membuang peluang tersebut. Tendangan pemain mungil asal Argentina tersebut mampu mengecoh Abbiati. Skor 1-0 untuk keunggulan Barcelona.

Tertinggal, membuat pasukan Massimiliano Allegri berupaya lebih keras untuk menciptakan gol balasan. Pada menit ke-32 usaha tersebut pun membuahkan hasil. Bola terobosan yang dilepaskan Zlatan Ibrahimovic dimaksimalkan dengan baik oleh Antonio Nocerino dan kedudukan kembali imbang 1-1. Sebenarnya dengan skor ini pun, AC Milan akan lolos.  

Sadar pertandingan tak boleh berakhir seri, pelatih Pep Guardiola terus memacu semangat skuadnya. Tekanan demi tekanan terus dilakukan ke sisi pertahanan Milan. Beberapa kali bahkan pemain Barcelona menunjukan skema penyerangan yang brilian, meski pada akhir masih mampu dikandaskan kiper Abbiati.

Tepatnya di menit ke-40, penetrasi yang dilakukan pemain Barcelona membuat pemain bertahan Milan terpaksa melakukan pelanggaran keras. Messi kembali diganjal di area terlarang. Wasit lansung menunjuk titik putih untuk yang keduakalinya. Lagi-lagi, Messi berhasil mengeksekusi bola dan membawa Barcelona kembali unggul 2-1.

Hingga peluit babak pertama ditiup, skor masih belum berubah. 

Memasuki babak kedua, Milan mencoba bangkit. Namun permainan satu dua Barca membuat lini tengah Milan terlihat cukup timpang. Penguasaan bola tak berubah, didominasi anak-anak Catalan. 

Menit ke-53, giliran Andreas Iniesta yang berhasil mejebol gawang Abbiati. Berawal dari sepakan keras Messi dari luar kotak pinalti, bola membentur pemain belakang Milan dan muntah ke kaki Iniesta. Pengatur serangan yang sudah berdiri bebas itu pun lansung menceploskan bola ke sisi kiri kiper Abbiati. Skor 3-1, suara menggema lansung terdengar di Camp Nou.

Sejumlah pelanggaran keras, perubahan strategi dengan mengganti pemain mewarnai jalannya pertandingan ini. Akan tetapi, hingga laga berakhir skor 3-1 untuk kemenangan El Barca tidak berubah. Alhasil mereka pun berhak melaju ke babak semifinal Liga Champion dan akan menghadapi lawan lain antara Chelsea atau Benfica.

Selain kemenangan, pertandingan kali ini juga menciptakan rekor baru bagi Messi. Pemain berjuluk La Pulga ini kembali memecahkan rekor gol terbanyak Liga Champion yang sebelumnya dipegang Rud Van Nistelrooy. Messi mengungguli mantan striker Manchester tersebut dengan torehan 14 gol, terpaut dua gol dari Nistelrooy yang membukukan 12 gol dalam satu musim Liga Champion. Angka itu sendiri masih berpeluang bertambah, mengingat Messi masih memiliki beberapa pertandingan lagi.