Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Diduga Terjatuh dari Dermaga

Satpam PT SMS Tanjunguncang Ditemukan Tewas Mengambang di Laut
Oleh : Hendra
Selasa | 27-08-2019 | 11:52 WIB
satpam-tewas.jpg Honda-Batam
Basarnas saat mengevakuasi jasad Satpam PT SMS Tanjunguncang dari laut. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Herdiansyah, salah seorang Satpam di PT Sumber Marine Shipyard, Tanjunguncang, Batuaji ditemukan tak bernyawa di laut. Diduga, korban terjatuh dari dermaga perusahaan galangan kapal tersebut saat bertugas pada Minggu (25/8/2019) malam sampai Senin (26/8/2019) pagi.

Keterangan dari pekerja lain sesama Satpam mengatakan, Minggu malam, korban bersama anggota regu lainnya akan melaksanakan tugas jaga mulai pukul 23.00 hingga 07.00 WIB, Senin (26/8/2019) pagi.

Dalam menjalankan tugasnya, korban yang yang merupakan sekuriti dari PT Putra Tidar Perkasa ini bertugas di pos-4, yakni di atas kapal TB Oshima, dan sebelum ditemukan hilang pria berumur 18 tahun ini selalu melaporkan situasinya setiap jamnya.

Laporan situasi terakhir yang dilaporkan korban disebutkan yakni pukul 02.30 WIB, melalui radio HT dan komunikasi via WhatsApp. Saat itu korban melaporkan diri pada Danrunya, bernama Andi Gusman untuk melaksanakan patroli di sekitar wilayah pos-4 (pos jaga korban).

Namun sekitaran pukul 03.00 WIB, korban telah berhenti melaporkan situasi terakhir, seketika petugas jaga yang lain mencoba mencari tahu keberadaan korban di sekitar lokasi Pos 4, namun tidak ditemukan.

Merasa ada yang janggal, Andi Gusman selaku Danru langsung melaporkan kejadian ini kepada Chief Securiti, dan kemudian laporan berlanjut ke pihak Polsek Batuaji.

Kanit Reskrim Polsek Batuaji Iptu Melki Sihombing, saat dikonfirmasi pada Senin (27/8/2019) kemarin, membenarkan kejadian tersebut. Dia juga mengaku langsung turun ke lokasi kejadian.

"Iya kejadianya ada, ini saya mau ke lokasi perusahaan tempat pencarian," ujar Melki, Senin (26/8/2019) sore kemarin.

Sementara itu, dalam pencaria Badan SAR Nasional (Basarnas) juga ikut diturunkan.

Agung selaku Humas Basarnas, Selasa (27/8/2019) pagi ini mengatakan, Basarnas turun ke lokasi melaksanakan pencarian sekitar pukul 10.15 WIB, Senin (26/8/2019).

Mereka turun melaksanakan pencarian atau penyisiran di sekitar lokasi kejadian dengan menggunakan satu set rubber boat. "Hingga sekitaran pukul 19.30 WIB, SAR gabungan menemukan korban dalam kondisi meninggal dunia dan langsung dievakuasi menuju RS Bhayangkara Polda Kepri," pungkas Agung.

Editor: Gokli