Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Waspada Blindspot, Titik Tak Terlihat Saat Mengemudi Kendaraan
Oleh : Hendra Mahyudi
Senin | 26-08-2019 | 14:28 WIB
blindspot.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Ilustrasi blindspot. (Foto: Satlantas Polres Demak)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sebagai kota industri, Batam memiliki banyak truk-truk besar yang berlalu lalang di jalan raya setiap harinya.

Keberadaan truk ini mungkin terkadang akan dikeluhkan oleh masyarakat, seperti pengemudinya terlihat seperti acuh tak acuh akan pengendara lain di sekitar.

Mengenai hal ini, sebagai sesama pengendara, kita tidak bisa semena-mena menyalahkan satu pihak semata, terkhususnya untuk pengemudi truk gandeng atau trailer karena ada keadaan di mana pengemudi akan hilang pandang di titik-titik tertentu.

Situasi tersebut seperti diungkapkan, Kasatlantas Polresta Batelang, Kompol I Putu Bayu Pati SIK yaitu blindspot. Yaitu, area di sekitar pengemudi yang tidak dapat dilihat dengan mudah karena batasan pandang pada cermin (spion) atau terhalang pilar konstruksi kendaraan yang membawa muatan banyak.

"Blindspot merupakan situasi berbahaya saat membawa kendaraan, di mana saat kita bisa saja menganggap tidak ada kendaraan lain di sisi kita saat membawa kendaraan. Hal ini turut menjadi pemicu utama kecalakaan di jalan raya," ujar Kasat Lantas Polresta Barelang, Kompol I Putu Bayu Pati SIK, Senin (26/8/2019) saat dihubungi via WhatsApp.

Lanjut Putu, ada 4 situasi blindspot yang harus diwaspadai pengendara lain saat berkendaraan dengan jarak yang cukup dekat pada truk-truk besar tersebut.

"Pertama posisi di depan kendaraan, posisi ini merupakan area blindspot (tak terlihat) dikarenakan posisi pengemudi berada tinggi di atas kendaraan, sehingga tidak bisa memantau langsung area depan ini," terang I Putu.

Selanjutnya, ke-2 yakni posisi sebelah kanan kendaraan, adanya blindspot di sini karena di luar jangkauan kaca spion kendaraan sebelah kanan.

"Ke-3 posisi sebelah kiri kendaraan, ini sama dengan yang kanan, karena posisi di area ini juga tak terlihat jangkauan pandang, keterbatasan dari kaca spion sebelah kiri," jelasnya.

Terakhir Putu mengatakan, yaitu posisi yang berada persis di belakang kendaraan, posisi blindspot di sini sangat rawan bahaya karna sama sekali tidak terlihat oleh supir kendaraan.

"Seandainya berada di posisi itu, hindarilah sesegera mungkin karena pengemudi kendaraan itu tak akan bisa melihat dengan jelas. Sementara itu bagi pengendara lain ketika di jalan raya usahakan konsentrasi, jangan panik, posisikan kendaraan anda agar terlihat oleh supir dan jangan tergesa gesa untuk menyalip, gunakan juga klakson saat akan menyalip," pungkasnya.

Editor: Dardani