Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Maksimalkan Pengamanan, Mabes Polri Bantu Penambahan CCTv di Jalanan Kota Batam
Oleh : Hendra
Senin | 26-08-2019 | 12:04 WIB
bayu-cctv.jpg Honda-Batam
Kasat Lantas Polresta Barelang, Kompol I Putu Bayu Pati. (Foto: Hendra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Demi mempertajam pengamanan di jalan raya, keberadaan CCTv sangat dibutuhkan sebagai sarana pendukung untuk memantau situasi di titik-titik tertentu yang dianggap rawan atau butuh perhatian ekstra.

Hal ini sesuai dengan undang-undang nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan pasal 272, yang menjelaskan fungsionalnya untuk mendukung penindakan pelanggaran di bidang lalu lintas dan angkutan jalan, dapat menggunakan peralatan elektronik.

Karena itu, demi memaksimalkan keamanan dan pengamanan, serta pemantauan ekstra di jalan raya, Kepala Satuan Lalulintas (Kasat Lantas) Polresta Barelang, Kompol I Putu Bayu Pati mengatakan akan ada penambahan beberapa unit CCTv di jalanan yang mana itu langsung dari Mabes Polri.

"Sejauh ini CCTV jalan di Kota Batam diperbantukan dari pihak Pemko dan Dishub serta Kominfo. Itu yang terpasang kurang lebih baru 15 titik saja," ujar I Putu saat diwawancara di sela kegiatan peresmian Kantor Komando Rayon Militer (Koranmil) 01/Batam Timur, Jumat (23/8/2019) lalu.

Lanjutnya, melihat luas dan situasi jalan di Kota Batam, dia katakan ada beberapa CCTv yang memang harus dipertambahkan untuk mencover kejadian-kejadian di jalan raya, agar bisa menimalisir kejahatan dan pelanggaran di jalan. "Ini semua demi kenyaman dan keamanan warga pengguna jalan juga, kita maksimalkan pengamanan dan meminimalisir kejadian berbahya di jalanan," terangnya.

Kemudian, katanya, agar optimalisasi pengamanan tersebut berjalan sempurna, Putu mengatakan dari Mabespolri nanti akan ada pemasangan atau penambahan CCTv di Kota Batam. "Yang mana totalnya saya belum dapat, tetapi ada sekitar 20 titik kemungkinan. Sejauh ini yang terpasang ada 15 titik," pungkasnya.

Editor: Gokli